Langsung ke konten utama

Pink Lake in Australia

Sumber : Google

Mereka menamakannya “Pink Lake” atau “Danau Pink”
Kami menemukannya di tengah perjalanan dari Victoria, Melbourne menuju South Australia.
Danau ini ditemukan di Mallee, sekitar 50km barat daya Mildura dan 60km barat Ouyen, bagian barat laut ini adalah Negara semi kering atau daerah gersang, pemandangan yang mudah di dapatkan di Australia Tengah. Dataran di daerah ini sangat-sangat luas dan pada saat musim hujan selesai maka akan datang musim semi dimana ribuan bunga liar bermekaran. Bunga terbesar di dunia dapat ditemukan di Victoria seperti Murray Lily, ada banyak ratusan spesies tanaman asli di wilayah ini. 
Dilihat dari jauh memang danau tersebut berwarna pink hampir dikeseluruhan danau dan warna di pinggirannya berwarna putih cerah. Tidak terlihat seperti pink yang sangat terang karna ada campuran- campuran putih sehingga membuatnya terlihat seperti pink muda.



Sumber : Fransisca Bintang

Dari pinggir jalan yang harus dilakukan adalah memarkirkan kendaraan sesuai dengan tempat yang disediakan, tidak bisa sembarangan parkir.
Di dekat parkiran juga disediakan tempat bersantai, toilet umum untuk pria/wanita, untuk penyandang disabilitas pria, dan untuk penyandang disabilitas wanita.
Dari tempat santai yang disediakan, kita bisa melihat danau tersebut, tapi jika ingin melihatnya secara dekat, kamu harus berjalan menurun kurang lebih sekitar 300 meter karna ada banyak tumbuhan- tumbuhan liar yang tumbuh disekitar danau sehingga sedikit menutupi pemandangan dari jauh. Disekitar danau pink, semua tanaman umumnya tanaman yang memiliki toleran tinggi terhadap garam karena kandungan garam di air dan tanah sangat tinggi di tempat itu.



Sumber : Fransisca Bintang

Dan untuk lebih menikmati lagi, saya lebih menyarankan kamu untuk tidak lupa menggunakan kacamata gelap atau kacamata apa saja yang mengurangi silau matahari ke mata dan mungkin jaket untuk kamu yang kulitnya tidak terlalu kuat dengan panas matahari. Sunblock untuk kulit kamu dan juga topi akan sangat membantu.
Kami berhenti 2 kali, yaitu sebelum ke South Australia dan berhenti lagi setelah kembali dari South Australia, tetap saja panas dan sangat silau, tapi pemberhentian kedua kalinya sedikit lebih baik dari yang pertama.
Sedikit menikmati pemandangan dari kejauhan dan mengambil beberapa foto dari danau tersebut dengan hiasan tanaman yang tumbuh disekitarnya, akhirnya kami berjalan turun untuk melihatnya lebih dekat.
Kamu tau apa yang masih bermain di kepala saya saat itu dan saya tidak menanyakan ke simon sebelum melihatnya lebih dekat?



Sumber : Fransisca Bintang

Saya melihat seorang ibu separuh baya berjalan di tengah danau bersama anjingnya.
Panasnya tidak hanya menusuk kulit tapi juga membuat mata sedikit perih, mungkin jika bertahan lebih lama lagi bisa membuat sakit kepala.
Semakin lebih dekat…
Ternyata itu bukan danau yang umumnya merupakan cekungan besar dipermukaan bumi yang digenangi oleh air dan dikelilingi oleh daratan. Benar sih cekungan dan dikelilingi daratan tapi bukan digenangi air melainkan Garam.
Jadi seluas cekungan besar itu bisa kamu jelajahi karna itu adalah padatan garam.



Sumber : Fransisca Bintang


Sumber : Fransisca Bintang

Danau tersebut berwarna pink bukan karena keajaiban alam tapi karena  sejenis bakteri atau ganggang yang tubuhnya mengeluarkan pigmen berwarna merah. Tidak ada pemandu wisata disana jadi sulit untuk mendapatkan informasi dan tempat itu terbuka untuk publik dan boleh dinikmati siapa saja, kapan saja tanpa ada pungut biaya, cukup mematuhi peraturan yang disediakan disana. Simon juga no idea mengenai hal tersebut dan karena penasaran, saya harus mencari tau sendiri.
Tidak tau pasti mana sumber yang benar karena ada yang memaparkan karena alga merah, karena alga hijau dan Dunaliella Salina, dll.
Apapun itu, yang pasti karena bakteri yang merupakan golongan mikroorganisme halofili. Biasanya hidup di danau atau kolam yang mengandung kadar garam tinggi. Jika terpapar sinar matahari, halofili akan berfotosintesis dan menghasilkan pigmen merah.


Sumber : Google
Bagaimanapun fenomena seperti ini memang biasa ditemui di berbagai tempat di dunia. Misalnya danau OC Fisher Reservoir di San Angelo State Park di Texas Barat yang airnya berubah menjadi berwarna merah terang persis seperti darah. Menurut para ahli, warna tersebut muncul karena bakteri Chromatiaceae yang beroksidasi.



Sumber : Google
Begitu juga dengan Hutt Lagoon yang terletak dekat pantai utara mulut sungai Hutt, di pertengahan barat, Australia Barat. Danau ini memiliki kandungan garam yang sangat tinggi dan memiliki warna merah darah dan itu terjadi karena beta karoten dari ganggang Dunaliella Salina.
Lalu kenapa dinamakan danau pink?



Sumber : Google

Dulu memang itu adalah danau karna memang digenangi air dan air tersebut berwarna pink yang sangat terang. Oleh karena warna pink itu mereka mengganti nama danau yang dulunya “Spencer Lake” menjadi “Pink Lake”.


Sumber : Google
Tambang garam dan jalan yang menjadi penyebab warna berubah. Para pakar lingkungan mengatakan bahwa nasib Pink Lake berubah beberapa tahun lalu karena adanya pembangunan jalan dan jalur kereta yang memotong aliran air alami ke dalam danau.
Dengan berkurangnya air dari tempat lain, maka kandungan garam tidak lagi melewati pink lake dan karenanya warna danau tidak lagi merah muda. Dan kabarnya juga tambang garam di danau tersebut sudah dilarang.
Karena banyaknya garam, danau ini bahkan berhasil menjadi dasar untuk membentuk industri garam yang berkembang komersial dari tahun 1916 dan berlanjut hingga 1979. Industri itu di tutup karena merugikan lingkungan dan dinyatakan sebagai taman Negara. Danau ini sekarang lebih dilindungi ketika mereka telah dimasukkan kedalam Taman Nasional terbesar kedia di Negara dengan luas 633.000 hektar.



Sumber : Fransisca Bintang

Jika berjalan lebih jauh lagi dari pink lake tersebut, ada beberapa tempat yang juga padatan garam, benar-benar padatan garam tanpa ada air dan ditumbuhi beberapa tanaman, hanya saja warnanya putih seperti garam biasa. Itulah yang menyebabkan pink lake berbeda dan anyway saya tetap kagum karena di Indonesia, para petani garam kita membuat garam dari air laut sementara disini saya melihat garam terjadi dengan sendirinya dan tidak perlu sulit untuk membuat, tinggal membersihkan saja. Sayangnya saya tidak bias melihat proses pembersihan garam karna seperti yang saya paparkan tadi bahwa penambangan garam di daerah tersebut sudah dilarang.
Saya membaca dari beberapa berita dari Australia mengenai danau ini bahwa banyak yang berharap bahwa danau bisa menjadi merah muda lagi. Jika memang tidak bisa merah muda lagi, penduduk setempat meminta agar namanya bukan lagi pink lake tapi kembali ke nama semula. Karena sering beberapa pendatang dari jauh datang untuk berkemah di sekitar danau pink tapi mereka tidak mendapatkan adanya danau dengan air berwarna pink ditempat itu.



Sumber : Fransisca Bintang

Mungkin bisa mengembalikan danau dengan air berwarna pink tersebut dengan opsi perbaikan lingkungan, dengan rekayasa lingkungan dan mengembalikan aliran alami ke danau dan juga kadar garam ke danau akan memungkinkan bakteri bertumbuh disana dan menjadikan danau kembali pink.
Dan pastinya memerlukan waktu beberapa tahun agar kandungan garam kembali meningkat, namun ini bisa dilakukan tapi harus mengingat bahwa prosesnya akan memerlukan biaya yang mahal dan memerlukan komitmen kuat dari pemerintah dan masyarakat setempat.
Pink lake menjadi terkenal secara internasional setelah adanya foto dan video yang diambil dari udara dan menjadi tontonan jutaan orang diseluruh dunia.
Jika kamu ingin berkembah disekitar danau pink ini, kamu bisa berkembah di danau crosbie yang memiliki perkemahan utama bagi mereka yang ingin tinggal untuk sementara dan menjalajahi danau pink. Tempat ini juga menyediakan toilet umum, gas barbekyu, perapian, meja piknik dan perlu diingat untuk membawa stok air minum sendiri karna walaupun ada air yang disediakan disana, jelas kandungan ph nya tidak cocok untuk pencernaan.




Sumber : Fransisca Bintang

Sepanjang perjalanan jika kamu beruntung dan memperhatikan dengan teliti, kamu akan melihat kangguru, burung emu, naga berjenggot luar biasa, bersama dengan berlimpahnya jenis spesies burung. Beberapa mungkin tidak pernah saya lihat sebelumnya atau saya dengar seperti Red-Rumpet Parrot dengan warnanya yang sangat indah, Mallee ringneck dan Mallee Emu Grasswren yang kecil tapi memiliki suara kepakan sayap yang kuat.
Kamu bisa menikmati burung- burung berterbangan dan beberapa diantara mereka tidak takut menghampiri kamu karena mereka dijaga dengan baik oleh penduduk setempat dan pemerintah.
Tidak ada penembak liar karena mereka sangat mencintai lingkungan, sangat mencintai binatang dan lebih bahagia melihat binatang hidup bebas daripada mengurungnya di dalam sangkar, dan itu sangat baik bagi burung untuk menghindari trauma kepada manusia.


Well...
Apakah ada makna positif yang bisa diambil dari artikel saya ini?

Jika ada maka kamu mungkin salah satu yang akan memperbaiki generasi negara Indonesia kita.

Jika tidak ada ...
Coba cek artikel saya lagi berikutnya, kali aja ada makna positif yang bisa kamu ambil.






Fransisca Bintang Theresia Nainggolan

Postingan populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…

BAB V Kesimpulan Dan Saran - Karya Tulis Ilmiah

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1Kesimpulan Dari hasil penelitian hubungan antara pengetahuan dengan sikap remaja tentang Keperawanan di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru, dapat disimpulkan : 5.1.1Dari 86 responden sebagian besar remaja pria mempunyai pengetahuan rendah, yaitu sebanyak 44 orang (51,2%).

Natal Mudika - ^Mc Dadakan^

Pertama- tama mohon dimaafkan untuk keterlambatan nge-post nya ^_^ Jangan ditanya lagi karna sudah pasti alasannya faktor libur. Sebenarnya bukan alasan, tapi lebih baik mengatakan itu menjadi alasan daripada tidak ada alasan sama sekali, hehehe ...
Sedikit share nih tentang pengalaman Nge-Mc ... Kayaknya nggak sedikit deh, karna bagi pengunjung setiaku pasti mengerti bagaimana panjangnya postinganku. Tapi walaupun postingan selalu panjang, please jangan pernah ada kata- kata bosan untuk membacanya. Lagian yang buat panjang bukan kalimatnya melainkan foto-fotonya.  Baiklah tidak perlu diperdebatkan karna tetap saja kebiasaan itu tidak akan berubah.