Langsung ke konten utama

The Concept Of Friendship

 
Ada pepatah dalam bahasa inggris berbunyi, "A friend in need is a friend indeed"
Yang mengandung makna bahwa seorang teman baik akan hadir di saat- saat yang dibutuhkan untuk saling membantu dan berbagi satu sama lain.
Seorang teman baik juga akan memberikan pujian dan penghargaan atas keberhasilan teman baiknya dan saling menguatkan serta saling menyemangati di setiap kegagalan yang dihadapi teman baiknya.
Seorang teman baik senantiasa mencurahkan isi hati dan pemikirannya serta akan selalu setia berdiri dipihak teman baiknya.


Mengutip definisi teman baik dari tiga kamus besar bahasa Jepang berikut ini :
Secara umum, teman baik menunjuk pada teman akrab yang dapat dipercaya; teman yang berhubungan baik dengan diri kita; teman yang saling memaafkan; teman yang paling akrab; teman yang saling mempercayai; terman yang berhubungan paling baik dengan diri kita.


  
Berdasarkan ketiga definisi diatas, teman baik menunjuk pada teman yang secara khusus bergaul secara akrab dengan diri kita di antara teman- teman lain yang kita miliki dan dipahami sebagai suatu sosok yang hadir untuk dapat dipercayai secara mendalam dan menyeluruh serta saling memaafkan satu sama lain.
Dengan adanya kehadiran seorang teman baik, manusia dapat mengetahui kegembiraan dari sikap saling pengertian dengan orang lain dan dapat melepaskan diri dari perasaan kesepian.
 

Dalam kehidupan sosial, seorang teman dapat memberikan pengaruh yang cukup besar baik dari sisi positif maupun dari sisi negatif.
Dari segi positifnya, seorang teman dapat dijadikan sebagai mitra dalam hal kerjasama sebagai kesatuan kelompok dalam menyelesaikan berbagai hal. Teman juga dapat dijadikan sebagai devisa atau penyumbang dalam ha- hal yang bersifat fisik atau material, karya cipta, maupun hasil pemikiran.
Dalam perannya, teman juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi untuk mewakili atau pengiriman pesan, pelindung, pengiring, pendamping dan bahkan dapat menjadi pendengar yang baik ketika kita ingin membicarakan hal- hal yang paling penting atau curahan isi hati saat dibutuhkan. Selain itu masih banyak lagi keuntungan- keuntungan lain yang dapat diambil apabila kita memiliki teman.


Ada hal yang sangat penting untuk ditekankan dan diperhatikan dalam konsep pertemanan, hindari rasa "Sirik"
Rasanya dalam hal apapun itu, sirik tidak selalu dibenarkan apalagi sirik yang berbaur hal negatif.
Ketika teman kamu menunjukkan angka kemajuan yang tinggi dan lebih baik, sebagai seorang teman yang baik kamu harus memberikan pujian dan dukungan kepadanya agar selalu bertahan pada predikat itu.
Dan untuk diri sendiri, jadikan hal tersebut untuk memotivasi kamu dan teman-teman yang lainnya. Jangan malu untuk meminta solusi, meminta pendapat atau arahan dari teman yang memiliki kemajuan lebih baik dari kamu.
Jika keberhasilan teman terasa buruk bagi kamu, terasa seperti sebuah persaingan dingin, terasa seperti sebuah ketidak adilan, maka percayalah bahwa akan ada banyak hal yang timbul, dan yang terburuknya kamu bukanlah seorang teman yang baik.


Tanda persahabatan yang sejati adalah adanya ketulusan, kehangatan dan keakraban antara satu dan yang lain. Masing- masing individu, tidak ada maksud ataupun niat untuk menghianati orang lain karena mereka saling percaya, menghargai dan menghormati keberadaan orang lain. Baik ketika bersama maupun ketika sendiri, masing- masing individu yang bersahabat merasakan kedekatan, kepercayaan dan penerimaan dalam kelompok sosial. Walaupun ada perbedaan- perbedaan pemikiran, sikap ataupun perilaku, perbedaan itu menjadi dasar untuk merasa saling membutuhkan dukungan emosional dan dukungan sosial supaya tetap terjalin keakraban, kehangatan dan keintiman.


Penting untuk anda mendapatkan teman yang memiliki pola pikir positif dan selalu mengajarkan hal yang baik pada anda, mengingatkan anda untuk kekurangan anda, menegur anda untuk hal yang salah, dan melindungi anda dari orang- orang yang berusaha menyakiti anda. Teman yang memiliki kepribadian kuat akan menciptakan pertemanan yang kuat. Teman baik bukan berarti anda bersikap keras untuk mengatur hidupnya dan mencampuri kehidupannya, karena pada faktanya manusia membutuhkan ruang pribadi yang tidak ingin di jangkau oleh siapapun atau bahkan keluarga sendiri. Jadi tetaplah menjaga batasan anda dalam pertemanan dan pastikan perkataan serta perbuatan anda tidak membuat ketidaknyamanan pada teman anda.


Teman baik tidak selalu harus terlihat bersama, tapi bisa menciptakan kebersamaan walau tidak bersama. Komunikasi adalah hal terbaik yang harus diciptakan walau tidak selalu bertatap mata. Selalu pilihlah hari yang terbaik untuk mendapatkan kesempatan bersama setidaknya sekali dalam seminggu. Manfaatkan kesempatan bersama sebaik mungkin, buat kebahagian dan keceriaan bersama teman terbaikmu tanpa harus memikirkan oranglain yang pusing memikirkan pertemanan kalian, intinya jangan merugikan siapapun. Pada akhirnya saya ingin mengucapkan selamat pada anda yang berhasil memenuhi kriteria dalam pertemanan sejati. Hiduplah bersosialisasi dan dapatkanlah teman yang bisa mendampingi anda dalam susah ataupun senang. Setelah itu anda akan paham bahwa memiliki 1 orang teman baik mampu mengalahkan 100 musuh.








FRANSISCHA BINTANG THERESIA NAINGGOLAN



Postingan populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…

BAB V Kesimpulan Dan Saran - Karya Tulis Ilmiah

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1Kesimpulan Dari hasil penelitian hubungan antara pengetahuan dengan sikap remaja tentang Keperawanan di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru, dapat disimpulkan : 5.1.1Dari 86 responden sebagian besar remaja pria mempunyai pengetahuan rendah, yaitu sebanyak 44 orang (51,2%).