Langsung ke konten utama

BIRTHDAY AND GRADUATION

WOW....
Itu adalah kata pertama yang saya keluarkan dari mulut saat mengetahui bahwa wisuda akan dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober 2015. Tentu saja ini kejutan mengingat saya akan mengadakan dua perayaan sepesial diwaktu yang sama. Awalnya saya tidak begitu yakin karna ada perubahan rencana untuk waktu wisuda sampai  beberapa kali, tapi setelah undangan sudah dicetak maka saya yakin bahwa kedua hari spesial itu akan menjadi milik saya.


Acara wisuda Universitas Sari Mutiara Indonesia dilaksanakan Pada Tanggal 01Oktober 2015 pukul 08.00 wib di Medan International Convention Center. Universitas Sari Mutiara mewisuda 1037 wisudawan/wisudawati dari profesi Ners, Psikologi, Akbid, Keperawatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Analis Kesehatan, Analis Farmasi dan Makanan, Kebidanan, yang digelar selama dua hari dihadiri para tamu dari beberapa lembaga, tokoh masyarakat hingga rohaniawan. Adapun tamu-tamu atau undangan yang hadir adalah Koordinator Kopertis, Kedubes dan Konjen India untuk Indonesia dan Timor Leste, Ketua APTISI, PPNI, IBI, AIPKIND, dan AIPNI Sumatera Utara.

Ibu ini adalah Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes yang merupakan Rektor Universitas Sari Mutiara Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Universitas Sari Mutiara Indonesia konsisten menghasilkan alumni yang kompeten dengan penguasaan IPTEK yang mumpuni. Hal ini telah digariskan dalam tujuan, visi- misi dan nilai-nilai inti Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Dalam pidatonya, Dr. Ivan memberikan delapan pesan kepada kami untuk dipatuhi sebagai modal agar menjadi alumni yang professional yang handal dan sukses, yaitu:
  • Untuk melankutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
  • Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  • Menghormati Kedua Orangtua
  • Meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan Ilmu Teknologi
  • Selalu mengingat Almamater
  • Jadilah mutiara
  • Hindarilah Korupsi
  • Pedulilah terhadap sesama

Desain kebaya ini adalah desain saya sendiri. Saya sengaja memilih warna hitam karna warna hitam adalah salah satu warna kesukaan saya setelah Merah. Berhubung saya sudah menggunakan kebaya merah pada saat wisuda pertama maka saya memilih warna hitam untuk wisuda kedua.
Didaerah rumah orang tua saya ada tukang jahit yang bisa mebuat kebaya dengan bagus bahkan tidak jarang beliau menjahit kebaya pernikahan. Jadi, sesudah sidang meja hijau saya balik dulu ke kampung halaman untuk mengunjungi keluarga sekaligus mengurus kebaya wisuda. Sebenarnya ribet banget hanya untuk membuat baju satu ini, bahkan tukang jahitnya sudah mencoba berkali-kali agar baju tersebut sesuai dengan keinginan saya. Maklumlah saya ingin terlihat menarik saja menggunakan kebaya itu. Dimulai dari bahan pakaian yang sesuai dengan pilihan saya sendiri dan termasuk desainnya. Bahan pakaiannya tidak terlalu mahal dan begitu juga dengan uang jahitnya, tanpa ada payat pula sehingga benar-benar sederhana. Tapi saya membuat yang sederhana ini agar terlihat menawan dengan mendesainnya menjadi seksi. Tidak banyak yang heran jika melihatnya karna sudah banyak yang mengenal bagaimana saya. Finally, saya cukup puas dengan pakaian ini untuk sementara.

Ini adalah Bapak Uda saya, beliau adalah seorang Pastor dan beliau juga adalah seorang dosen sekaligus pemimpin yayasan universitas Katolik Medan.. Nah, melihat background yang seperti itu maka saya akan menceritakan sedikit tentang perdebatan yang terjadi pada awal proses acara wisuda.
Beliau adalah orang yang displin waktu dan sangat memegang perkataan dengan baik. Subuh itu sekitar jam 5 saya dan mama sudah sibuk untuk persiapan kesalon. Nah, mama ini salah kasi informasi ke beliau dengan bilang kalau bersalon itu tidak akan lama, paling lama hanya 1 jam saja untuk kami berdua. Sebenarnya itu bisa benar jika yang memegang ada 2 orang, tapi ternyata hanya 1 orang untuk kami berdua karna yang satunya berhalangan masuk. 
Gawat.....!!!!
Seperti yang sudah saya katakan maka 1 jam kemudian beliau datang bersama dengan adek-adek untuk menjemput kami berdua sementara mama belum selesai dan saya belum disentuh. Beliau menunggu dimobil dan tidak mau keluar, begitu juga dengan adek-adek yang dilarang keluar karna perjanjiannya tidak membuat beliau menunggu seperti itu. Mungkin mereka ada menunggu hampir 2jam lebih. Jika kesal ya wajar saja beliau kesal, adek-adek juga terlihat udah merengut semua. Nah, yang membuat beliau marah karna saya gelisah sendiri. Gimana saya gak gelisah karna dosen saya menghubungi terus untuk meminta saya cepat datang. Saya jadi terdiam ketika beliau marah. Antara mau nangis dan tidak, tapi tetap aja saya mikir sayang make-upnya kalau menangis, padahal dalam hati udah pengen aja. Untung mama sipenyejuk hati langsung minta maaf dan mengeluarkan jurus kalimat indah untuk menyejukkan hati ini. Begitu juga beliau yang membuat candaan agar saya tertawa. Begitulah sampai akhirnya kami sampai di MICC (Medan International Convention Center) tanpa terlambat, Syukurlah..... 

Ini dia Super Jagoan saya...
Wanita yang tidak pernah bosan mendukung saya, wanita yang tidak pernah kehabisan maaf untuk semua kesalahan saya, wanita yang sangat menyayangi saya dengan tulus dan wanita yang selalu mencurahkan perhatiannya kepada saya.
Mama datang sehari sebelum acara wisuda saya bersama dengan ketiga adik saya, sedangkan yang dua lagi terpaksa tidak bisa ikut termasuk papa karena alasan yang memang tidak memungkinkan untuk ikut. Sedihnya itu karna papa dan adik saya nomor 2 Franstya tidak pernah mengikuti acara wisuda saya baik yang pertama ataupun yang kedua. Tapi saya yakin bahwa mereka mendoakan saya dan ikut berbahagia dengan kebahagiaan saya ini.

Jagoan kami, Fransiskus adalah anak laki satu-satunya dikeluarga kami. Dia adalah yang tertampan diantara ke-6 anak orangtua kami. Dia itu tinggi banget, itu aja bisa kebantu sedikit tingginya karena saya pakai high-heels yang 16cm, kalau tidak sudah diperas-peras tuh kepala saya sama dia karna pendeknya. Semoga menular ya adekku, kakak juga mau hadir diwisuda adek kelak. Jadilah anak yang baik, anak laki-laki yang melindungi ke-5 saudarinya dan berilah contoh yang terbaik, Amin....

Si Tomboy kakak satu ini adalah anak ke-5 dan namanya Franselvie. Penampilannya sih memang tomboy, gayanya tomboy tapi hatinya keibuan banget. Bicaranya sangat lembut, adekku yang paling pintar, baik dan apa adanya. Lihat tuh pakaiannya, capek-capek beli baju gaun hitam trus dibawa kemedan, tadinya dipakai tiba-tiba udah diganti aja karna gak pede katanya, hahahahha~ Dia kira mau nonton pertandingan bola basket kali ya. Sebenarnya ada lagi adik saya yang paling bontot, dia palung malas sama acara resmi beginian, apalagi dia itu pembosan banget. Dari awal acara sampai akhir dia memutuskan untuk dimobil sampai ketiduran. Memang benar-benar ketiduran sampai saya bangunkan, itupun karena mau pulang.


Nah....
Ini namanya belajar dari pengalaman. Kamu tau bagaimana keadaan disana dengan ribuan mahasiswi dan mahasiswa yang diwisuda, belum lagi keluarga mereka. Bayangkan jika 1 orang yang wisuda membawa 3 keluarga? aduh super banget padatnya bahkan untuk keluar ruangan itu benar-benar lama banget antriannya padahal pintu keluar ada banyak.  Oleh karena itu, berhubungan dengan belajar dari pengalaman saya menerima kesempatan untuk berfoto dengan teman-teman saya yang bisa dijumpai saat itu. Kalau dalam keadaan begini susah banget bisa berfoto bareng dengan teman-teman karena setiap  keluarga punya acara masing-masing makanya berpacu dengan waktu. Ini masih mending banget bisa foto bareng, dulu diwisuda pertama malah tidak ada sama sekali kecuali dengan Ernawati. Itupun udah dilonggarkan banget waktunya karna mama saya buru-buru banget ngajak untuk foto studio. Yang paling lucunya itu sampai disempetin foto di wc, tidak salah sih karna di wc pun harus mengantri.

Walaupun tidak datang, tapi terimakasih banget untuk paket bunganya ya adikku Franstya dan kekasihnya. Thankyou udah selalu dukung kakak dan mendoakan kakak, cepat nyusul ya sayang. Untuk masalah warna ungu sih saya tidak heran maksudnya apa, adik-adik saya memang kurang dalam kesopanan ke kakaknya. Mereka suka sekali mengejek saya karna sampai sekarang saya tidak ada pacar lagi, kebiasannya ya menyindir kakaknya. Karna ungu identik dengan janda dan janda tidak ada pasangan maka dapatlah saya sindirian kembali. Dasar adik durhaka ^^

Finally, Terimakasih Tuhan untuk anugerah ini, untuk kesempatan ini dan lagi-lagi terimakasih untuk kehidupan yang indah ini. Dengan menghadirkan keluarga, para dosen, teman-teman dan semua orang baik disekitar saya sungguh menyempurnakan kehidupan saya. Saya percaya bahwa Engkau menyediakan rencana yang terbaik untuk hidup saya, merencanakan masa depan yang cerah dan merencanakan kebahagiaan untuk saya. Semoga apa yang sudah saya dapat selama perkuliahan menjadi bekal saya untuk menjadi manusia lebih baik lagi kedepannya, terpenting lagi menjadi orang yang bisa dibanggakan oleh-Mu dan oleh banyak orang, Amin....
Untuk semua mahasiswi dan mahasiswa yang ada diseluruh dunia, semangat ya untuk perkuliahannya dan semoga bisa mencapai tahap akhir dengan baik. Teruslah berjuang dan jangan menyerah ditengah jalan, yang terpenting adalah berpikir positif dan berpikir panjang untuk segala keputusan. Untuk yang sedang bermasalah dalam perkuliahan, percayalah bahwa semua masalah pasti ada solusi dan untuk kamu yang nakal maka tetaplah nakal jika tidak bisa menjadi anak yang baik, tapi jangan sampai mengenyampingkan urusan pendidikan, nakallah pada tempatnya tapi jangan jahat dan tetap ingat segala kewajiban kamu sebagai seorang pelajar. Saya tidak ada hak untuk melarang kamu menjadi anak yang tidak nakal lagi apalagi mengingat usia muda yang sangat mudah terpengaruh lingkungan, itu adalah hak kamu walaupun menjadi baik adalah keputusan yang lebih tepat. Tapi, jika kamu juga tidak bisa menjadi anak yang baik maka pandailah untuk membagi waktu agar semua tetap dalam kendali serta masa depanmu akan cerah, Amin.

***

Saya sudah katakan sebelumnya bahwa ada 2 moment yang harus saya rayakan ditanggal 01 Oktober ini.
Selain wisuda maka moment lainnya adalah peringatan hari kelahiran saya sekaligus peringatan bahwa saya sudah bertambah tua satu tahun lagi menjadi 23 tahun... Tua banget ya, padahal rasanya baru kemarin saya terima rapor SD.




Tidak ada acara yang terlalu spesial banget sih karna ada banyak banget yang harus saya urus selesai wisuda. Selesai acara wisuda kami ada acara syukuran keluarga, kemudian ke kost sayang untuk packing barang-barang karna harus kembali ke kampung halaman sesegera mungkin, kemudian keesokannya kami sempatkan berjalan-jalan seharian keliling danau toba dan pulau samosir lalu kami segera pulang. Masih dalam keadaan capek banget sebenarnya, siap mandi dan rambut belum kering banget bahkan yang sebenarnya masih menetes-netes tuh air dari rambut tapi sudah diburu saja saya keruang makan. Doa bersama, acara potong kue, makan bersama dan kemudian nonton bersama, sudah itu saja sih sebenarnya. Untuk kado sepertinya sudah saya terima sekaligus kado wisuda. Acara kecil dan memiliki kesan tersendiri untuk saya. Dalam keadaan capek semuanya tapi masih menyempatkan perayaan kecil ulang tahun saya walaupun sudah telat beberapa hari, hahaha~

Ini bagian kesenangan saya...
Adik nomor 5 dan nomor 6, mereka jarang banget bisa kompak beginian. Dibilang jarang sih gak juga, sering kompak tapi sering berantem juga lebih tepatnya, bentar baikan bentar ribut lagi kayak saya sama anak kedua waktu kecil. Bedanya kami gak sesering mereka ributnya karna adik saya nomor 2 dulu kayak bulu ketek, nempel melulu sama saya, haha. Ini sipaling bontot lebih galak banget dibandingkan kakaknya. Untung aja dia punya kakak begitu yang selalu mengalah dan selalu menolong dia. Adik saya yang nomor 5 ini sayang banget sama si bontot, apa-apa selalu mengalah dan selalu berusaha buat senang adiknya tapi si bontot ini entahlah ya terkadang sama sifatnya, manja mengkek gak ketolongan juga sih walaupun dibalik itu semua dia tetap anak yang baik. Mungkin efek anak paling kecil dan anak paling dimanjain mama karna sampai badannya sebesar itu pun masih tidur dipelukan mama. Saya kadang yang sesak nafas kasihan lihat mama, takut-takut mama yang gak bisa nafas karna badannya lebih besar dari mama.

***

Apalagi ya??
Udah sih itu aja ceritanya yang singkat mengenai pengalaman saya dihari spesial saya. Sebenarnya hikmah terbesar saya menulis ini karena kelak saya berharap bisa membaca ini kembali entah ditahun berapa atau mungkin keturunan saya. Tidak ada yang bisa memprediksi daya ingat kita bertahan pada sesuatu moment berapa lama, jadi memanfaatkan segalanya itu penting. Itulah kenapa saya pernah membuat artikel mengenai pentingnya dokumentasi, semuanya karna tidak ada yang bisa melawan waktu. Jadi ketika diwaktu spesial itu datang maka ingatlah untuk mendokumentasikan segala hal yang terjadi agar kelak kita memiliki setiap bagian kenangan itu. Saya percaya bahwa ada banyak cerita yang lebih menarik lagi diluar sana tentang pengalaman-pengalaman setiap orang mengenai hari spesialnya dan ini adalah cerita saya. Jika kamu punya cerita yang menarik, saya sangat senang jika bisa mendapatkan cerita menarik dari kamu tentang acara ulang tahun ataupun cara wisuda kamu di email saya berikut ini :
Fransischa.fransischa@yahoo.com

Finally, thankyou untuk semua yang sudah visit blog saya apalagi yang sudah mau membacanya. Saya hanya menulis apa saya yang bisa saya tulis dan bisa saya jangkau, ini adalah dunia saya dan terimakasih sudah datang kedunia saya. Mohon maaf jika ada kesalahan kata ataupun beberapa hal yang salah di blog saya. Saya mengharapkan kritik dan saran membangun untuk saya jadikan perbaikan di artikel mendatang. Sampai ketemu kembali dipostingan berikutnya, bye~


Pos populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.