Langsung ke konten utama

Kunjungan Wisata Ke Kolam Abadi atau Kolam Surga dan Air Terjun Teroh-Teroh.

Indah Bukan ???
Inilah indahnya hadiah dan anugerah yang Engkau berikan kepada kami umat manusia kesayanganmu ya Tuhan...
Sungguh luar biasa ciptaan dan karya tanganmu ya Tuhan, semoga ini akan selalu abadi sehingga keturunan-keturunan berikutnya dapat merasakan kasih dari karunia-Mu ini.
So, everybody ... inilah postingan saya hari ini dan maasih ada banyak lagi dokumentasinya dibawah. Silahkan baca artikel saya ini dan untuk dokumentasi lainnya jangan lupa follo instagram saya @FRANSISCABINTANG
Selamat membaca~

Hello pengunjung setia Dunia Merah ...
Akhirnya ada juga perjalanan terbaru di kesibukan belakangan ini.
Bayangkan saja karna kesibukan yang tidak jelas ini, mama yang sudah datang mengunjungi saya ke Medan dari hari rabu sampai hari jumat harus saya abaikan dan di akhir sabtu minggu saya pun sah memiliki waktu untuk mama.
Dan diwaktu santai ini kami memutuskan untuk pergi berwisata ke Kolam Abadi.

Kali ini saya ingin share kunjungan terakhir saya ke "Kolam Abadi & Air Terjun Teroh-Teroh"
Perjalanan kali ini sepertinya menyenangkan untuk saya dan teman saya tapi tidak untuk mama.
Hal ini dipicu dengan kondisi umur dan tenaga mama yang sebenarnya sudah tidak cocok lagi untuk menempuh perjalanan seperti itu.
Ya, bagaimana ....
Saya juga tidak tau jika perjalanan kesana membutuhkan tenaga yang super dan mungkin hanya ada di darah anak muda. Ada rasa bersalah juga karna niat awalnya untuk membuat mama senang, tapi pada akhirnya malah mama yang buat anaknya jadi senang.
Kelihatan sih ditahan-tahan mama karna sudah terlanjur lihat saya dan teman saya semangat tidak karuan. Sampai akhirnya mama mengalah dan hanya sanggup sampai kolam abadi saja. Kata mama, melihat saya saja sebahagia tadi sudah buat mama bahagia juga :) #ThankyouMama
Karna itu akhirnya kami memutuskan untuk berjalan ke dua tempat saja karna tidak memungkinkan untuk mama bisa menempuh 3 titik wisata ditempat itu.

Jadi ceritanya begini nih,
Sebenarnya keindahan kolam abadi ini sudah sangat lama menggugah selera setelah lihat beberapa album yang dimiliki teman-teman yang sudah datang ketempat ini.
Jika ditanya bagaimana disana mereka akan bilang indah, luar biasa, keren, cantik alamnya, airnya sangat bening, dan banyak lainnya.
Mereka hanya bilang capek tapi tidak menjelaskan proses perjalanannya seperti apa.
Hanya mengatakan bahwa jalannya tidak bagus dan harus jalan jauh masuk kedalam.
Sulit saya menjabarkan bagaimana jalan yang tidak bagus itu, karna perjalanan di bukit lawang juga tidak bagus.
Ternyata tidak bagus dalam arti naik turun dan naik turun yang membutuhkan tenaga yang besar, saya pikir jalan tidak bagus tapi datar-datar saja.
Kalau saja seperti itu, mama saya sih sanggup-sanggup saja.
Tapi kali ini berbeda dan memang butuh tenaga ekstra untuk melampauinya dan yang terpenting adalah keberanian.
Walaupun begitu, mama mengakui juga jika perjuangan diperjalanan terbayar dengan keindahan alamnya terutama ketika melihat dan merasakan airnya.
Begitu juga saya, rasanya capek itu terbayar lunas dengan keindahan alam yang saya dapatkan.

Nah, sekedar berbagi pengalaman nih.
Untuk teman-teman yang memilih menggunakan kendaraan pribadi akan semakin lebih memudahkan perjalanan anda untuk sampai ketempat ini, mau menggunakan motor atau mobil sama saja karna kondisi jalan menuju tempat ini cukup bagus.
Sedangkan untuk anda yang memilih menggunakan kendaraan umum, silahkan mengambil kendaraan umum di kampung lalang karna ada beberapa kendaraan yang akan menghantarkan anda untuk sampai ketempat ini tapi membutuhkan sambungan beberapa kali. 
Anda bisa menggunakan angkot dari kota medan sampai kota binjai, biaya yang anda keluarkan adalah Rp5.000 dan sesampainya dikota binjai anda bisa menggunakan angkot lagi untuk diantarkan sampai di daerah desa ini dengan biaya Rp9.000. Dan disimpang terakhir perjalanan angkot kedua ini, anda bisa memilih untuk menggunakan angkot lagi atau naik becak. Untuk harga jelas berbeda, jika naik angkot lagi maka anda hanya perlu membayar Rp10.000 sedangkan jika naik becak akan dikenakan hingga ratusan ribu.

Kolam Abadi, Air Terjun Teroh-Teroh dan Air Terjun Tongkat terletak di Desa Rumah Galuh, Kelurahan Namuukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Kurang lebih 28km dari pusat kota Binjai dengan perjalanan dari kota Medan sekitar 1 jam. Letak lokasi wisata yang tidak begitu jauh dari kota Medan tentunya memudahkan para wisatawan yang akan datang berkunjung kelokasi tempat wisata.

Kemudian sampai disana, akan ada banyak pos yang merupakan pos para pemandu wisata alam.
Saya sarankan jika sebelum kesana, jauh lebih baik jika anda sudah memesan/memboking siapa pemandu wisata anda disana.
Hal ini penting dikarenakan wisata alam disana adalah wisata yang masih diolah oleh penduduk asli didaerah sana tanpa adanya bantuan dari pemerintah.
Jadi, seluk beluk disana kurang lebihnya hanya diketahui oleh para pemandu wisata disana, terutama yang paling mengerti adalah mereka yang merintis tempat ini.

Kebetulan sekali kami mendapatkan keberuntungan dalam memilih pemandu/ranger yang sudah kami pesan sebelum kedatangan kami. Kami memilih pemandu dari posko PELARUGA.
Pelaruga ini sudah sangat dikenal baik oleh mereka yang sudah pernah berkunjung kesana dikarenakan ada beberapa orang yang merintis tempat ini menjadi tempat wisata yang bisa diakses oleh masyarakat.
Saya menyarankan untuk bijaksana dalam memilih pemandu ya, karna mereka harus bertanggungjawab penuh atas apa yang terjadi pada kita sepanjang perjalanan wisata kita.
Jadi cobalah memilih pemandu wisata yang sudah berpengalaman, yang bertenaga kuat dan yang terpenting terlihat mampu untuk mempertanggungjawabkan kita sepanjang perjalanan wisata ini.

Nah,
Yang lebih serunya lagi ternyata pemandu kami adalah pemandu senior dan salah satu dari 3 orang perintis lainnya.
Pantas saja perlakuan yang kami dapatkan special dan ada beberapa pengunjung yang bilang bahwa kami tamu special jika didampingi oleh pemandu yang satu ini.
Wah..... saya pikir hanya pengunjung saja yang bilang seperti itu, tapi beberapa orang yang kami jumpai diperjalanan yang merupakan warga tempat itu juga mengatakan hal yang sama.
Syukurlah jika memang pemandunya sesuai karna untuk mendampingi saya memang membutuhkan tenaga yang ekstra, hahahaha~~

Untuk teman-teman yang berencana datang berkunjung ketempat ini,
Kalian bisa menghubungi pemandu wisata senior dari posko PELARUGA yang bernama bang WANDA GINTING, untuk CONTACT PERSON kalian bisa menghubungi 0853-7054-2438
Untuk biaya selama disana, ada 3 titik wisata yang disediakan "Kolam Abadi" "Air Terjun Teroh-Teroh" "Air Terjun Tongkat" .... 
Jika anda ingin memasuki ketiga tempat ini maka akan dikenakan biaya Rp,60.000/Orang dan jika hanya 2 tempat saja akan dikenakan biaya Rp,50.000/Orang dan jika hanya 1 tempat saja maka akan dikenakan Rp,25.000/Orang.
Nah, untuk biaya pemandu/guide/ranger sebenarnya tidak ada karna sudah dicas dipembayaran kunjungan wisata dan itu tidak akan diminta,
Hanya saja alangkah jauh lebih baik jika kita bisa memberikan seberapa kita mampu untuk ucapan terimakasih atas capeknya dan kesabarannya dalam mendampingi kita.
Hal itu dipicu karena medan yang kita tempuh tidak semulus tempat wisata yang sudah dikelola pemerintah.
Nah, dengan memberikan biaya ini akan semakin mempermudah mereka untuk mengumpulkan modal agar bisa semakin memperbaiki arus jalan ketempat wisata tersebut.

Perjalanan yang kami lalui memang cukup ekstrim ditambah lagi saya bersama dengan mama yang cukup takut dengan perjalanan tersebut karna selain curam, licin, cukup melelahkan juga. Kalau saya dan sahabat saya sih senang-senang saja walaupun masih muda tetap saja terasa capeknya, apalagi mama saya yang sudah semakin tua.

Jalan setapak demi setapak, perjalanan yang mendaki dan menurun, keringat yang sudah semakin banyak bercucuran, licin dan curamnya perjalanan melintasi hutan, akhirnya terbayar dengan pemandangan yang sangat indah dari Kolam Abadi. Sangat indah, airnya yang jenih dan dingin kemudian ditutupi oleh tanaman-tanaman hutan membuat nikmatnya semakin bertambah. Ketika kami sampai dikolam tersebut, pemandu dan pedagang disana bilang bahwa pada hari itu airnya keruh dan tidak sejernih seperti biasa karna hujan yang terus turun seminggu belakangan ini.
Astaga!!!
Yang begituan dibilang keruh padahal mata ini melihatnya sudah jernih.
Tapi ada benarnya juga karna dari foto-foto teman yang sudah saya lihat, airnya benar-benar sangat jernih dan tembus sampai kedasar. Tapi disaat kami datang, rasanya airnya juga benar-benar jernih dan dasarnya masih tetap bisa kelihatan.

Dan untuk pertama kalinya, saya mencoba untuk lonjat walaupun diawal hanya meloncat dari ketinggi 3meter saja. Untuk melihat videonya silahkan kunjungi akun instagram saya @FRANSISCABINTANG 
Dan hal yang tidak pernah saya lupakan bahkan selalu menghantui pikiran saya adalah kegilaan saya yang mau meloncat dari ketinggian kuranglebih 8meter jika saya tidak salah.
Awalnya saya menantang sahabat saya dan mengejeknya karna tidak berani lompat, namun pada akhirnya dia lompat dengan didampingi pemandu.
Sesampainya dia dibawah dan giliran saya untuk lompat, saya pikir hal itu tidak akan mungkin terjadi.
Demi apapun, jantung saya tiba-tiba rasanya mau berhenti ketika melihat dari atas kebawah.
Hal konyol apa yang membuat saya mau menyetuji tantangan dari pemandu ini untuk loncat dari ketinggi itu.
Pada akhirnya saya nyerah dan pemandunya naik lagi keatas, kemudian saya melompat bersama pemandunya berdua.
Sudah berdua.... Tapi tetap saja jantung saya sakit jika mengingatnya.
Tidak heran, saya lumayan phobia dengan air tenang, balon dan ketinggian.
Dan itu adalah hal konyol dan nekat yang pernah saya lakukan, tapi saya sangat senang sekali.

Ini adalah Posko sekaligus Base Camp Pemandu yang menjadi pilihan kami

Selesai mendapatkan pengarahan dari pemandu, kemudian kita akan diminta untuk mengganti pakaian dan melepaskan alas kaki jika menggunakan alas kaki yang tidak sesuai untuk perjalanan di air dan perjalanan mendaki menurun dijalan yang licin. Setelah itu barang dititipkan (tidak perlu ragu untuk menitipkan barang berharga anda) cukup bawa kamera yang akan digunakan saja dan kemudian kita memakai baju pelampung untuk persiapan keselamatan kita.

Ini adalah salah satu dari beberapa pendakian yang kami jalani dan memang harus dijalani jadi benar-benar butuh tenaga yang ekstra, semangat yang baik dan kaki yang kuat. Karna ada banyak pendakian yang lainnya dan turunan yang licin lainnya. Lihat ada mama, teman baik saya erna dan pemandu andalan kami bang wanda, Kasian banget sama mama dan semua benar-benar salah saya karna tidak memastikan kondisi jalan yang sebenarnya. Syukurlah mama mengerti kalau saya juga tidak tau kondisinya seperti itu. Sempat mama ketakutan turun dan memilih untuk kembali, akhirnya kami semangati dan meyakini mama sampai akhirnya mama mau juga untuk turun. Bang wanda benar-benar ekstra untuk mendampingi mama sepanjang perjalanan.
Semangattttt mama, setidaknya sampai kolam abadi saja~

Akhirnya sampai juga ditujuan pertama di Kolam Abadi, kurang tau juga kenapa namanya kolam padahal sudah jelas-jelas itu sungai. Luar biasa indahnya~ Luar biasa jernihnya air~ dan rasa mata airnya juga sangat enak diminum seperti rasa air AQUA. Senangnya lihat mama senang dan bahkan terlalu senang sampai lupa mobile yang dikantong celana mama rusak karena kemasukan air. Jadi, mitosnya ini dinamakan kolam abadi karena sungai ini dulunya dipakai untuk tempat mandinya para bidadari dan mitosnya permintaan yang akan kita minta di air terjun teroh-teroh akan dikabulkan sambil berdoa sesuai dengan agama masing-masing. Sayang sekali saya tidak sempat mencobanya karna tidak ingat lagi ketika sudah berada disana, terlalu terpesona menikmati keindahannya sampai lupa niat untuk berdoa diair terjun teroh-teroh itu *menyesal -_-*

 Tiba saatnya untuk "body rafting" untuk sampai di air terjun teroh-teroh.
Dengan penuh keyakinan bang wanda meyakinkan kami untuk memilih jalur air agar sampai pada air terjun teroh-teroh. Awalnya sempat meragukan, tapi pada akhirnya keputusan ini benar-benar yang terbaik karna pemandu kami yang luar biasa menunjukkan keindahan-keindahan dan kelebihan-kelebihan dari setiap arus air yang kami jalani. Dan lebih serunya lagi, pemandu kami sangat sabar dan sangat baik untuk mengambil dokumentasi dari setiap pemandangan alam yang bagus sepanjang kami melewatinya. Yang sabar ya bang wanda, kebetulan kali ini abang membawa wanita-wanita yang super narsis*
#PartOne #PemberhentianPertama~ Diperjalanan saat body rafting menuju air terjun teroh-teroh
Cek Ig ~> @FRANSISCABINTANG

#PartTwo #PemberhentianKedua ~ Diperjalanan saat body rafting menuju air terjun teroh-teroh
Cek Ig ~> @FRANSISCABINTANG 

#PartThree #PemberhentianKetiga ~ Diperjalanan saat body rafting menuju air terjun teroh-teroh
Ini ada video serunya loh dan ini adalah kejutan kecil dan menarik dari bang wanda.
Benar-benar indah dan menyenangkan, untuk videonya cek instagram ya.
Thankyou untuk dokumentasinya bang wanda**
Cek Ig ~> @FRANSISCABINTANG 

#PartFour #PemberhentianKeempat ~ Diperjalanan saat body rafting menuju air terjun teroh-teroh
Pokoknya setiap ada tempat yang indah bakalan berhenti untuk dokumentasi dulu, tapi sebenarnya semuanya indah, hanya saja ada tempat dimana kita bisa berhenti dan ada tempat yang tidak ada tempat berhentinya atau tidak ada batu besarnya.
So, Thankyou lagi untuk dokumentasinya bang wanda**
Cek Ig ~> @FRANSISCABINTANG 

 #PartFive #PemberhentianKelima #PemberhentianFinal #PemberhentianAkhir #AkhirBodyRafting~ 
Sampailah pada tempat yang pada akhirnya merupakan tujuan utama dari body rafting kami.
Ini adalah air terjun Teroh-Teroh.
Air terjun ini memiliki 2 pancuran,yang satu lumayan deras dan yang satu tidak begitu deras, bisa dibedakan bukan?
Semburan airnya cukup kuat jika kita berada dibawah airnya dan airnya cukup dingin.
Disini kami ada lompat lagi dari ketinggian sekitar 4meter, walaupun diawal-awal sudah ada lompat-lompat tetap saja ada takutnya kalau disuruh loncat lagi.
Awalnya sih takut-takut, tapi keduanya malah jadi ketagihan sendiri dehh.
Disini nih tempat yang saya maksud kalau mitosnya permintaan yang kita minta disini dengan berdoa sesuai dengan agama kepercayaan kita maka akan dikabulkan.
Boleh dicoba ya para pembaca bagi yang ingin datang ketempat ini.
So, Thankyou lagi untuk dokumentasinya bang wanda**
Cek Ig ~> @FRANSISCABINTANG 

 Lihat, kami mendapatkan bunga Bangkai Raksasa. Bunga itu tepat dibelakang teman saya yang dibelakang. Memang pada umumnya bunga ini tumbuh dan hidup dihutan.
Ini adalah pengalaman pertama saya melihat bunga bangkai raksasa secara langsung. Ini saja hampir terlewatkan jika tidak diingatkan atau diberitahukan oleh pemandu kami yang luar biasa. Padahal ini tepat berada dibelakang kami ketika kami meloncat dari ketinggian yang kurang lebih 8meter seperti yang saya ceritakan sebelumnya diatas. Jadi bunga ini kami jumpai ketika kami berjalan pulang melalui media darat setelah selesai menikmati air terjun teroh-teroh. Karna mama masih tetap setia menunggu di Kolam Abadi dan kami harus segera menjumpai mama sebelum mama marah karna kebosanan menunggu. Luar biasa bukan?

 
Akhirnya sampai lagi ke kolam abadi dan ketemu dengan mama yang sedang duduk-duduk bersama ibu yang berjualan didekat kolam abadi tersebut. Syukurnya lagi mama tidak marah-marah karna ditinggal lama dan hanya sedikit mengeluh saja, tidak apalah namanya juga orangtua~
Dan masih tetap tidak puas, dan masih tetap semangat ....
Ranger kami menawarkan kami kembali untuk naik keatas, tidak jauh sih hanya naik keatas saja untuk melihat lainnya. Tentu saja kami mau dan inilah tempatnya.
Airnya benar-benar jernih walaupun seperti yang saya jelaskan sebelumnya kalau penduduk setempat bilang tidak jernih seperti biasanya karna seminggu ini selalu hujan.
Disini kami masih sempat untuk mandi-mandi hampir sejam sampai akhirnya mama manggil untuk gerak naik dan beres-beres agar pulang.


Dan penderitaan masih ada diperjalanan pulang...
Tadi memang tidak terasa capeknya, tapi menjelang pulang baru terasa luar biasa capeknya dan jujur saja kaki ini terasa seperti sudah kehilangan bautnya atau sudah kehabisan per. Nggak tau sudah berapa kali saya hampir kepleset dan terjatuh karna sakitnya kedua betis, begitu juga erna dengan mama. Ampunlah liat perjuangan mama ini, kasihan benar dan syukurnya bang wanda yang masih kuat selalu membantu mama. Kalau tidak salah kami ada berhenti tiga kali diperjalanan pulang karna luar biasa capek waktu mendaki dan lumayan licin waktu jalan pulangnya.
Semangat lagiii, alur akhir loh~

 Jadi ceritanyakan berhenti nih istirahat dulu diperpondokan arah jalan pulang ke base camp, ya sudah saya selfie saja sendiri kemudia dengan mama dan kemudian dengan erna. View-nya keren sih karna dihutan, gak apalah untuk menghiangkan suntuk sampai nunggu kaki mama rileks ya kan?

 Yuuuuhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuuu ...... ~
Kami sudah selesai mandi, beres-beres dan sudah ganti pakaian.
Jadi sambil menunggu jemputan datang, tidak ada salahnya jika waktu kosong dimanfaatkan sebaik-baik mungkin.
Dengan berselfie contohnya, bukan begitu?

Baiklah para pembaca dan pengunjung saya yang luar biasa.
Demikianlah cerita tentang liburan wisata saya yang singkat. Semoga artikel ini semakin menambah pengetahuan dan dijadikan sebagai sumber informasi wisata alam bagi para pembaca dan pengunjung blog saya.
Bagi anda yang belum datang ketempat ini, silahkan datang untuk menikmati alam yang ada di Indonesia ini, tidak usah langsung pergi jauh-jauh keluar negeri jika ternyata milik kita dinegara kita sendiri masih banyak yang belum kita jelajahi dan tidak kalah indahnya dengna yang ada diluar negeri sana. Apalagi alam kita yang masih benar-benar alami tanpa ada perombakan dari tangan manusia dan sungguh-sungguh buatan serta tempahan alam.
Untuk penginapan juga ada dan itu bisa dikonfirmasikan langsung kepada bang wanda dengan contact person seperti yang sudah saya tampilkan diatas.

Akhir kata, Terimakasih banyak untuk kunjungannya dan waktunya untuk membaca artikel sederhana saya ini.
Untuk sebuah pesan akhir, saya berharap agar kemanapun kita pergi kewisata alam manapun
Tetaplah menjaga kebersihan lingkungan dan lestarikanlah kekayaan alam yang kita miliki di Indonesia ini. Karna semua itu adalah milik kita dari pemberian Tuhan yang Maha Kuasa, harta kita yang akan kita jadikan warisan kepada keturunan-keturunan kita kelak.

Terimakasih dan sampai ketemu kembali dipostingan berikutnya.
#kiss #hugs



Postingan populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…