Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2014

Waspadai Terjadinya Keguguran

Memiliki anak merupakan dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Tapi apa daya jika kehamilan itu tidak dapat dipertahankan atau biasa disebut keguguran.  Kenali apa saja penyebab keguguran tersebut dan hal hal apa yang mesti dilakukan agar keguguran dapat dihindari.

Kehamilan Yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa kehamilan yang perlu dihindari, karena keadaan tersebut mungkin menimbulkan masalah. Bila seperti itu terlanjur terjadi, ibu perlu memeriksakan kehamilannya lebih sering dan meminta pertolongan persalinan kepada dokter/bidan. Ibu dan keluarganya perlu mengenali tanda bahaya pada kehamilan, persalinan dan nifas.

Tanda Bahaya Pada Ibu Hamil, Ibu Melahirkan dan Ibu Nifas

Tanda bahaya pada kehamilan adalah tanda gejala yang menunjukkan ibu atau bayi yang dikandungnnya dalam keadaan bahaya. Bila ada tanda bahaya, biasanya ibu perlu mendapat pertolongan segera di rumah sakit (hospital emergency). Kebanyakan kehamilan berakhir dengan persalinan dan masa nifas yang normal.

Masalah- Masalah Dalam Kehamilan

KEHAMILAN DI LUAR KANDUNGAN Kehamilan Ektopik atau kehamilan di luar kandungan, artinya bahwa sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma tidak menempel di dalam rahim.

Keguguran

Keguguran adalah salah satu hal yang paling banyak dikhawatirkan dan ditakutkan oleh para ibu hamil. Bayangan akan hadirnya buah hati, lucunya bayi mungil sirna sudah ketika keguguran menghampiri. 

Kehamilan Anggur (Mola Hidatidosa)

Kehamilan anggur (mola hidatidosa) adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat dari kegagalan pembentukan bakal janin sehingga terbentuklah jaringan permukaan membran (vili) yang mirip gerombolan anggur. 

TORCH Pada Kehamilan

TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes.

Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik atau juga dikenal sebagai kehamilan di luar kandungan merupakan suatu kondisi kehamilan dimana sel telur yang sudah dibuahi tidak mampu menempel atau melekat pada rahim ibu, namun melekat ada tempat yang lain atau berbeda yaitu di tempat yang dikenal dengan nama tuba falopi atau saluran telur, di leher rahim, dalam rongga perut atau di indung telur.

Endometriosis Dan Kehamilan

Endometriosis merupakan sebuah kondisi kelainan yang terdapat pada lapisan yang berfungsi melindungi rongga kehamilan (endometrium). Kondisi normal adalah endometrium seharusnya berada pada rongga rahim, namun pada kasus endometriosis, endemetrium tumbuh pada luar rahim.

Kehamilan Dengan Hypertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang menimpa ibu hamil akan sangat membahayakan baik kehamilan itu sendiri maupun bagi ibu. hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika darah yang dipompakan oleh jantung mengalami peningkatan tekanan, hingga hal ini dapat membuat adanaya tekanan dan merusak dinding arteri di pembuluh darah.

Blighted Ovum (Kehamilan Kosong)

Setiap ibu yang sedang hamil pada usia dini tentunya selalu mendambakan kehamilan yang sedang dijalaninya berjalan dengan apa yang diharapkannya, kehamilnnya terus berlanjut hingga 9 bulan dengan sehat.

Masa Kehamilan Yang Sudah Melewati Tafsiran Persalinan

Ketika masa kehamilan sudah melewati batas normal, atau sekitar lebih dari 42 minggu, anda sebagai ibu hamil tentu merasa was-was akan hal ini.

Obesitas Dalam Kehamilan Mempengaruhi Kesehatan Bayi

Anak mengalami diabetes? Mengapa hal ini terjadi padahal asupan nutrisi sudah disesuaikan dengan menu makan yang tepat. Kebanyakan diabetes tipe 2 dipengaruhi karena gaya hidup yang dijumpai pada anak-anak tidak sehat.

Placenta Previa Dalam Kehamilan

Plasenta memiliki peranan untuk mensuplai nutrisi antara anda dan janin melalui tali pusar janin. Sedangkan placenta previa adalah terjadinya kondisi plasenta menempel di bagian bawah rahim sehingga bukan berada dalam posisi normal.

Infeksi Listeria Pada Kehamilan

Infeksi Listeria atau dikenal sebagai listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Meskipun pada umumnya Infeksi ini jarang terjadi akan tetapi dapat menyerang wanita hamil pada usia kehamilan trimester akhir, bayi yang baru lahir  dan anak-anak serta orang dewasa yang kekebalan dilemahkan oleh penyakit seperti kanker atau HIV.

Kehamilan Lebih Dari 42 Minggu

Bayi yang terlambat lahir atau masa kandungan melebihi kandungan normal hingga mencapai 42 minggu memiliki risiko kesehatan yang tinggi pada kemudian hari.

Janin Yang Tidak Berkembang

Selama kehamilan sangat penting sekiranya untuk memperhatikan kesehatan anda dan janin yang akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan.

Keguguran Berulang Pada Ibu Hamil

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah untuk semua pasangan meskipun tidak semuanya pasangan mendapatkan kehamilan dengan mudah. Seringkali ibu hamil mengalami beberapa hambatan diantaranya terjadinya keguguran yang berulang hingga mencapai lima kali keguguran. Bagaimana solusi bagi keguguran yang terjadi berulang?

Cara Mengatasi Kesulitan Tidur Di Malam Hari Pada Ibu Hamil

Salah satu masalah yang kerap dialami ibu hamil yakni sulit memejamkan mata saat malam hari. Misalnya karena merasa mulas, pinggul linu, ingin buang air kecil di tengah malam, atau terganjal kondisi perut yang besar.

Perubahan-Perubahan Umum Pada Masa Kehamilan

PERUBAHAN FISIK MATERNAL
Trimester 1 - Perdarahan sedikit (spotting) sekitar 11 hari setelah konsepsi - Nyeri dan pembesaran payudara - Rasa kelelahan dan sering kencing - "Morning Sickness" mulai hamil 8 minggu-12 minggu - Kehamilan 12 minggu uterus di atas symphisis pubis - Berat badan naik 1-2 kg selama trimester pertama

Perubahan Tubuh Ibu Pada Kehamilan Trimester I

Tidak ada wanita yang memiliki kondisi kehamilan yang sama. Beberapa wanita memiliki kesehatan dan vitalitas yang baik selama tiga bulan pertama, sementara yang lain bahkan tidak bisa bangun dari tempat tidur. Berikut adalah beberapa perubahan yang mungkin Anda alami, mengapa mereka terjadi, dan tanda-tanda yang bila muncul, berarti Anda harus segera ke dokter.

Tanda- Tanda Bahaya Kehamilan Trimester I

Tanda-tanda bahaya kehamilan adalah gejala yang menunjukkan bahwa ibu dan bayi dalam keadaan bahaya. (Uswhaya,2009:3)
Menurut Kusmiyati dkk, 2008, kehamilan merupakan hal yang fisiologis. Namun kehamilan yang normal dapat berubah menjadi patologi. 
Salah satu asuhan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk menapis adanya risiko ini yaitu melakukan pendeteksian dini adanya komplikasi / penyakit yang mungkin terjadi selama hamil muda.

Anatomi dan Fisiologi Reproduksi Wanita

Berbicara tentang organ reproduksi wanita, Organ reproduksi wanita dibedakan menjadi organ kelamin luar dan organ kelamin dalam.

Anatomi dan Fisiologi Panggul Pada Wanita

ANATOMI PANGGUL
Panggul atau pelvis terdiri atas 2 bagian  yaitu : 1. Bagian keras yang dibentuk oleh tulang 2. Bagian lunak yang dibentuk oleh otot-otot dan ligamenta

12 Tips Mengatasi Kaki Bengkak Selama Kehamilan

Terjadinya perubahan postur tubuh selama kehamilan adalah salah satu yang wajar terjadi selama perubahan tersebut menunjukan tanda tanda yang normal. Adapun untuk ibu yang mendapatkan keluhan yang abnormal biasanya ditandai dengan kondisi kesehatan yang semakin buruk, nafsu makan berkurang, berat badan berkurang dan adanya beberapa bagian tubuh yang bengkak tidak wajar selama kehamilan.

Deteksi Dini Terhadap Komplikasi Kehamilan

1. Pemeriksaan Kehamilan Dini (Early ANC Detection)

Idealnya wanita yang merasa hamil bersedia untuk memeriksakan diri ketika haidnya terlambat sekurang-kurangnya 1 bulan. Dengan demikian, jika terdapat kelainan pada kehamilannya tersebut akan lekas diketahui dan segea dapat diatasi. Oleh karena itu, setiap wanita hamil sebaiknya melakukan kunjungan antenatal sedikitnya 1 kali pada trimester 1 ( sebelum minggu ke 14 ).

Resiko Tinggi Pada Kehamilan

Kehamilan memang membahagiakan, namun kita perlu juga waspada. Ada beberapa kondisi kehamilan yang masuk dalam klasifikasi Risiko Tinggi.
Penyebab sebuah kehamilan digolongkan risiko tinggi bisa berasal dari ibu, janin, atau faktor lain. Tidak semua golongan risiko tinggi itu diketahui dari awal.
Bisa saja yang tadinya risiko rendah kemudian dalam perjalanannya berubah menjadi risiko tinggi.  Inilah pentingnya melakukan kontrol kehamilan atau Pemeriksaan Ante Natal yang rutin.

Resiko Sebelum Kehamilan dan Resiko Selama Kehamilan

Kehamilan Resiko Tinggi adalah suatu kehamilan yang memiliki resiko lebih besar dari biasanya (baik bagi ibu maupun bayinya), akan terjadinya penyakit atau kematian sebelum maupun sesudah persalinan.
Untuk menentukan suatu kehamilan resiko tinggi, dilakukan penilaian terhadap wanita hamil untuk menentukan apakah dia memiliki keadaan atau ciri-ciri yang menyebabkan dia ataupun janinnya lebih rentan terhadap penyakit atau kematian (keadaan atau ciri tersebut disebut faktor resiko). Faktor resiko bisa memberikan suatu angka yang sesuai dengan beratnya resiko.

Happy Weekend ~ Bukit Lawang Sumatera Utara

Berbagi keindahan wisata alam yang ada di Indonesia merupakan hal yang menarik untuk terus dipamerkan dan diperkenalkan pada orang banyak.
Terutama jika wisata alam tersebut merupakan keindahan alam namun belum dikenal dan belum dijangkau oleh masyarakat lokal sendiri. Sayang sekali kalau masyarakat lokal sendiri kalah informasi dibandingkan dengan masyarakat internasional yang sudah datang berkunjung melihat keindahan alam yang ada di negara kita sendiri.

Sajak Lantunan Cahaya Bintang

Happy Writing ... Harusnya aku mengingat itu untuk mengobati rasa kesal, kecewa, sakit hati, amarah dan segala sesuatu terburuk yang terjadi dalam hidupku. Tapi Tidak untuk saat ini, Saat dimana aku merasa otakku benar-benar lumpuh dan mata terasa gelap serasa tidak ada secercah terang yang membiaskan cahayanya di bola mataku.

Asupan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Hai para ibu yang saat ini sedang hamil muda, senang sekali rasanya saya bisa kembali membuat artikel yang membantu ibu mendapatkan informasi mengenai kebutuhan ibu saat ini. Nah, sebelumnya saya sudah menposting sebuah artikel mengenai Gizi Untuk Kehamilan Trimester Pertama dan disitu saya juga mengatakan bahwa ada asupan yang tidak dianjurkan bahkan harus dihindari oleh ibu yang sedang hamil terutama bagi ibu yang sedang hamil muda. Karna dalam kehamilan muda adalah masa terbentuknya kesempurnaan janin agar bertumbuh dengan baik dan sempurna.

Gizi Untuk Kehamilan Trimester Pertama

Hai para ibu yang saat ini sedang hamil muda, senang sekali rasanya saya bisa kembali membuat artikel yang membantu ibu mendapatkan informasi mengenai kebutuhan ibu saat ini. Hamil muda, tentunya cenderung dengan rasa mual dan muntah setiap harinya. 
Walaupun hampir setiap hari merasa mual dan muntah pada 3 bulan pertama, jangan pantang menyerah untuk mengatur gizi makanan sehari-hari. Makanan sehat untuk ibu hamil 1-3 bulan sangatlah penting, karena saat itu janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin dan mineral supaya bisa berkembang dengan baik.

Cara Menikmati Kehamilan Trimester Pertama

Trimester pertama adalah usia kehamilan yang memasuki minggu pertama hingga minggu ke-12 atau ke-13. Trimester pertama merupakan masa penting pada masa kehamilan. Pada trimester inilah mulai terbentuk cikal bakal organ-organ pada janin yang berlanjut dengan pembentukan cikal bakal seluruh sistem tubuh. Pada trimester pertama ini pula, rangka tubuh janin secara keseluruhan sudah rampung dan lengkap terbentuk. Semua organ tubuh juga mulai bekerja meski belum sempurna.

Ciri-Ciri Kehamilan Trimester Pertama

Selama kehamilan, ada banyak saja perubahan-perubahan yang dapat terjadi dari keadaan normal sebelum hamil.
Kadang-kadang perubahan itu terasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa kekhawatiran sendiri pada ibu hamil yang sedang merasakan perubahannya.
Rasa tidak nyaman ini bisa menjadi tanda yang berbahaya untuk kelangsungan pertumbuhan janin pada kehamilan terutama kehamilan muda.
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai ciri-ciri yang dialami ibu yang sedang hamil muda pada kehamilan trimester pertamanya.

Trimester Pada Kehamilan

Proses kehamilan (gestasi) berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Usia janin sendiri adalah 38 minggu, karena dihitung mulai dari tanggal konsepsi (tanggal bersatunya sperma dengan telur), yang terjadi dua minggu setelahnya. Dalam dunia kebidanan, proses kehamilan dibagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi. Masing-masing fase tersebut disebut trimester. Berikut adalah perkembangan janin pada tiap-tiap trimester menurut usia janin, yaitu sejak konsepsi sampai kelahiran (38 minggu).

Proses Terjadinya Kehamilan

Bagaimana kehamilan bisa terjadi dalam perut seorang wanita ?? Itu adalah pertanyaan yang umum keluar dari mulut seseorang mengenai bagaimana seorang wanita bisa hamil. Pertanyaan itu dapat timbul dalam pikiran seseorang ketika dia melihat atau mungkin dalam proses kehamilan. Awalnya jawaban saya ketika menjadi orang awam dan ber-Tuhan, maka saya akan menjawab bahwa itulah kuasa Tuhan. Disi lain akan ada juga orang awam yang akan menjawab karna melakukan hubungan seksual.

Gejala dan Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Hamil ... Pasangan bahagia mana yang tidak menginginkan hadirnya buah hati untuk melengkapi kebahagiaan mereka? Rasanya semua pasangan suami istri sangat menginginkan adanya seorang anak yang menyempurnakan kebahagiaan mereka. Lewat kehamilan, ya sudah pastinya memang lewat kehamilan maka akan lahir seorang anak ^_^

Bidan dan Kebidanan Dalam Peran dan Fungsinya

Bidan muncul sebagai wanita terpercaya dalam mendampingi dan menolong ibu melahirkan. Peran bidan di masyarakat sangat dihargai dan dihormati karena tugasnya yang sangat mulia, memberi semangat, membesarkan hati dan mendampingi, serta menolong ibu melahirkan dapat merawat bayinya dengan baik.
Sebagai seorang bidan janganlah memilih-milih klien miskin atau kaya karena tugas seorang bidan adalah membantu ibu, bukan mengejar materi. Pasien wajib memberikan hak kepada ibu bidan yang telah menolong persalinan ibu melahirkan. Terkait peran dan dan fungsi bidan yang mana dalam pelaksanaan profesinya, bidan memiliki banyak tugas serta peran-perannya.