Sabtu, 29 Maret 2014

Obesitas Dalam Kehamilan Mempengaruhi Kesehatan Bayi

Anak mengalami diabetes? Mengapa hal ini terjadi padahal asupan nutrisi sudah disesuaikan dengan menu makan yang tepat. Kebanyakan diabetes tipe 2 dipengaruhi karena gaya hidup yang dijumpai pada anak-anak tidak sehat.
Taukah anda bahwa masa kehamilan juga bisa memberikan sedikitnya sumbangan untuk anak anak. Ibu hamil yang mengalami obesitas didefinisikan umumnya sebagai mana memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30. BMI adalah pengukuran obesitas dihitung menggunakan berat badan dan tinggi.Sekitar 15-20% wanita hamil menngidap obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan dapat menimbulkan komplikasi bagi Anda dan bayi Anda. Semakin gemuk Anda, semakin besar kemungkinan untuk mengalami komplikasi kehamilan.

Jika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan maka masalah yang mungkin anda alami diantaranya adalah keguguran, biasanya bayi meninggal di dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan, selain itu pada kasus tertentu mengalami lahir mati yaitu ketika meninggal di dalam rahim biasanya setelah 20 minggu kehamilan. Diabetes juga menghantui anda adapula komplikasi selama persalinan dan kelahiran termasuk bayi yang sangat besar sehingga membutuhkan operasi caesar.

Selain itu obesitas ternyata membuat kesehatan bayi anda terancam kebanyakan bayi yang terlahir dari ibu yang mengalami obesitas mengalami gangguan seperti cacat lahir, termasuk adanya cacat tabung saraf (NTDS) yaitu cacat lahir pada otak dan tulang belakang. Bayi dengan lahir prematur atau adanya cedera seperti kelahiran karena bayi terlalu besar. Kematian adalah salah satu yang sangat mengancam bayi anda ketika komplikasi dari kelebihan berat badan atau obesitas sudah dalam kategori serius. Kemungkinan yang mungkin terjadi adalah mengalami kegemukan pada masa anak-anak yang dapat memicu obesitas pada anak-anak. Meskipun obesitas sangat mengancam anda dan bayi anda tapi diet ketika sedang hamil tidak disarankan karena akan mengganggu kesehatan anda dan bayi anda. Pada saat hamil asupan makanan sehat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin anda.

Kenaikan berat badan dapat dikategorikan normal jika berada di kisaran 5-10 kg selama kehamilan anda.
Anda dapat melakukan gerakan sehat untuk tetap mempertahankan kesehatan anda dan janin seperti mengikuti kelas yoga atau senam hamil. Selain itu ternyata untuk anda yang mengalami obesitas sebelum masa kehamilan akan meningkatkan resiko untuk mengalami obsesitas tambahan ketika berada masa kehamilan anda. Disarankan untuk anda diet terlebih dahulu sebelum kehamilan anda sehingga menurunkan resiko obesitas tambahan yang mengganggu masa kehamilan anda.

Anda bisa melakukan pola hidup sehat dengan cara-cara seperti mengkonsumsi makanan sehat dan Olahraga. Makanan sehat sebenarnya banyak akan tetapi anda juga harus menyadari tidak semua makanan dikategorikan sehat bahkan ada yang harus dihindari seperti misalnya junk food. Selama kehamilan anda juga disarankan untuk melakukan olahraga yang mampu memberikan manfaat untuk anda dan janin anda. Olahraga tidak harus berat dan lama akan tetapi dengan rutin dan teratur sehingga anda dapat mendapatkan manfaatnya. Anda dapat mulai berkonsultasi kehamilan pada minggu pertama kehamilan anda. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai kesehatan bayi anda yang didapatkan dari bidan atau dokter. Anda dapat mengetahui perkembangan janin anda, sehingga meminimalisir kemungkinan terburuk dari masalah kelebihan berat badan atau obesitas.


Laman

 

DUNIA MERAH Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting