Langsung ke konten utama

12 Tips Mengatasi Kaki Bengkak Selama Kehamilan


Terjadinya perubahan postur tubuh selama kehamilan adalah salah satu yang wajar terjadi selama perubahan tersebut menunjukan tanda tanda yang normal. Adapun untuk ibu yang mendapatkan keluhan yang abnormal biasanya ditandai dengan kondisi kesehatan yang semakin buruk, nafsu makan berkurang, berat badan berkurang dan adanya beberapa bagian tubuh yang bengkak tidak wajar selama kehamilan.
Keluhan kehamilan yang sering dijumpai oleh ibu hamil adalah kaki yang bengkak, hal ini dikarenakan kaki menopang beban yang lebih berat dari keadaan normal, meskipun kondisi ini dianggap wajar akan tetapi apabila bengkak semakin bertambah anda harus segera mencari solusi untuk mengurangi kondisi tersebut.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Adapun penyebab kaki bengkak selama kehamilan adalah kecenderungan tubuh anda dalam menahan cairan sehingga tubuh menahan cairan sebesar 30 persen lebih banyak dari keadaan yang normal. Keberadaan cairan yang tertahan di bagian kaki diperparah dengan kondisi rahim yang semakin membesar dikarenakan adanya pembuluh darah balik di bagian kaki yang terhambat sehingga arus balik darah ke jantung menjadi terganggu.

Kondisi kaki bengkak sering kali ditemukan pada ibu hamil yang tengah memasuki kehamilan trimester ketiga dikarenakan kondisi berat badan yang semakin bertambah sehingga beban kaki anda semakin berat. Meskipun hal ini dianggap wajar akan tetapi untuk mendapatkan kenyaman anda selama kehamilan anda dapat mengendalikan kaki bengkak dengan menjauhi beberapa faktor yang menyebabkan bengkak semakin parah.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi kaki bengkak selama kehamilan :

1. Saat ibu duduk usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung anda, posisi seperti ini akan membantu dalam mengatur sirkulasi darah. Sehingga apabila ibu tidur, ibu dapat menggunakan ganjalan bantal pada kedua kaki untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari kepala dan jantung.

2. Pada kehamilan yang semakin membesar, ibu jangan memaksakan untuk berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama apalagi bila ibu merasakan pegal. Pegal yang ibu rasakan adalah tanda bahwa peredaran darah ibu juga otot mengalami kelelahan.

3. Ketika ibu tidur sebaiknya posisi badan ibu miring ke kiri., manfaat yang ibu dapatkan dengan tidur miring ke kiri adalah pembuluh darah balik ada di bagian kanan tubuh dan membuat tekanan pada tubuh  ibu berkurang.

4. Apabila ibu berenang usahakan untuk berjalan di dasar kolam, daya apung dari kolam akan mengangkat bayi sehingga mampu mengatur peredaran darah secara normal pada ibu hamil.

5. Aturlah jadwal olahraga secara rutin selama kehamilan ibu selain dapat membantu anda menjaga kesehatan selama kehamilan. Olahraga yang dilakukan selama kehamilan akan membantu untuk mengatasi keluhan kehamilan dan juga mempersiapkan persalinan terutama latihan pernapasan.

6. Hindari menggunakan sepatu yang mengikat kaki ibu atau ukurannya kekecilan karena dengan sepatu yang mengikat kaki akan menghambat peredaran darah anda.

7. Seimbangkan konsumsi menu makan anda terutama makanan yang mengandung garam, konsumsi makanan mengandung garam dalam jumlah yang wajar. Terutama baik bagi ibu yang menderita darah tinggi selama hamil.

8. Gerakan ringan yang membantu ibu mengurangi bengkak bisa ibu lakukan, contohnya adalah ketika ibu sedang duduk, gerakan pergelangan kaki ibu dengan cara ditekuk, gerakan yang melingkar ini akan sangat membantu ibu.

9. Mengikuti senam hamil selain mengurangi bengkak pada kaki juga membantu kondisi tetap stabil.

10. Berikan perhatian lebih pada kaki. Misalnya melakukan pemijatan telapak kaki menggunakan baby oil setiap pagi dan malam. Bisa juga dengan menyiram kaki dengan air dingin sambil mengerak-gerakkan jari kaki.

11. Jika kaki bengkak setiap pagi dan berat badan meningkar lebih dari 1 kg per minggu di pertengahan usia kehamilan, sebaiknya segera periksa ke dokter.

12. Kaki bengkak saat hamil memang normal terjadi memang, seiring bertambahnya berat badan pada kehamilan. Namun jika anda memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi sebaiknya segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter kandungan.

Demikianlah tips bagi ibu untuk mengatasi kaki bengkak selama kehamilan.
Yang terpenting adalah agar ibu tidak perlu pani karna kaki bengkak sangat umum terjadi selama kehamilan.
Pada umumnya kaki bengkak ini akan berakhir usai ibu melahirkan kok ^_^
Yang perlu ibu ketahui, bengkak pada kaki akan bertambah buruk di sore hari atau ketika udara panas.
Apa sih penyebabnya? 
Selama hamil, tubuh ibu memproduksi dan menahan banyak sekali cairan. 
Kira-kira 30% lebih banyak dari biasanya. 
Juga, rahim terus membesar, sehingga akan menekan pembuluh darah balik di kaki – khususnya di trimester ke-3 kehamilan. 
Akibatnya? 
Kembalinya darah ke jantung terganggu, sehingga akan lebih banyak lagi cairan yang ‘menimbun’ di kaki.

 
Nah, untuk mengatasi hal tersebut ibu cukup kembali pada tips diatas untuk mengatasi kaki bengkak selama kehamilan.
Semoga artikel ini bermanfaat ya ^_^
Terimakasih untuk kunjungannya dan sampai ketemu kembali pada artikel berikutnya.


Pos populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.