Selasa, 04 Februari 2014

Kegiatan Relawan Di Hari Keempat ~ "Hiburan Bersama Anak Sinabung"

Pagi yang sangat cerah untuk mata yang masih lelah dan dan ingin tetap terpejam.
Rasanya tertidur dipukul 4 subuh dan terbangun pada pukul 7 pagi bukan merupakan hal yang baru terjadi dalam hidupku.
Bahkan ini sudah jauh lebih baik dibandingkan tidak tidur sama sekali.

Melakukan kegiatan apapun memang tidak boleh dilakukan setengah- setengah.

My Readers ...
Masih ingat dengan seluruh kegiatan- kegiatanku ketika menjadi relawan?
Sudahkan membaca artikel- artikel yang sambung menyambung tersebut?
Kalau belum, silahkan tinggal klik pada setiap- setiap judul yang tertulis tersebut agar kamu langsung bisa masuk pada artikelnya :)

 Baiklah, semua itu tidak berlanjut sampai disitu saja.
Masih ada 2 artikel lagi yang ingin aku share kan diblog ini.
Karna itu harus ditahan hasrat untuk postingan yang lain-lainnya setelah menyelesaikan 2 postingan ini supaya tergenapilah segala sesuatu yang sudah terjadi selama menjadi relawan ^_^

Artikel ini membahas tentang kegiatan lanjutan setelah artikel yang berjudul "Kegiatan Relawan Di Hari Keempat"
Masih dilokasi yang sama dan masih diwaktu yang sama dengan kegiatan sambungan dari kegiatan yang sudah diceritakan pada artikel "Kegiatan Relawan Di Hari Keempat"

Lepas setelah kegiatan mewarnai yang memakan waktu kurang lebih hampir 3 jam,
Tibalah waktunya untuk acara hiburan singkat.
Dalam acara ini ada susunan acara singkat yang sudah kami buat, yaitu : Acara bermain bersama, Seminar singkat, pembagian hadiah bagi para pemenang lomba mewarnai ditutup dengan pembagian hadiah buku, penghapus, rautan dan pensil untuk seluruh anak-anak.


 Anak- anak berkumpul dan duduk manis setelah selesai mewarnai ^^

 Acara dibawakan oleh Gembira Arkemo Situmorang.
Kalau masalah ini memang dia ahlinya. Hampir aja kami kalang kabut karna kehilangan dia yang pergi meninggalkan kami menjemput untuk menjemput anak- anak pulang sekolah bersama para tentara.
Sempat garing dan sangat membosankan suasana karna diantara kami tidak begitu ahli membawa acara anak- anak.
Tidak butuh waktu lama kegaringan itu terjadi karna segera berlalu ketika Gembira datang membawa kemeriahannya.
 
 Suasana semakin meriah diikuti dengan sambutan yang meriah dari anak- anak.
Tidak hanya anak- anak loh, ada juga orang tua yang ikut serta dalam acara ini.
Ditambah lagi perlahan-lahan jumlah anak- anak semakin bertambah datang.
Sepertinya mereka benar- benar menikmati setiap permainan yang dibuat oleh gembira dan teman- teman sukarelawan lainnya.
Jelas terlihat dari tertawa mereka, keaktifannya dan respon mereka yang sangat luar biasa pada setiap permainan.
Usaha yang bagus ^^

 Now, the time is mine ^^
Bermain boleh bermain, tapi tetap harus diseimbangkan dengan ilmu pengetahuan.
Selesai menentukan pemenang-pemenang lomba mewarnai, aku mendapat kesempatan untuk memberikan seminar singkat pada anaka- anak.
Berhubung kami dari bagian kesehatan, maka topik yang akan aku sampaikan adalah mengenai kesehatan terutama kesehatan yang harus dijaga selama dipengungsian.
Tidak banyak dan tidak menggunakan bahasa yang sulit agar mudah diterima oleh anak- anak.
Topik yang aku pilih adalah "10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk anak-anak"
10 judul besar yang aku jelaskan adalah mengenai : 
Terus memberikan ASI pada Bayi untuk ibu- ibu yang sedang menyusui (Kebetulan ada beberapa ibu- ibu yang memiliki bayi turut hadir dalam acara itu *Teori Dadakan*), Mengikuti 7 langkah mencuci tangan yang baik dan benar, Membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun, Menggunakan air bersih untuk minum,
Buang air besar/ kecil dijamban, Membuang sampah pada tempatnya, Makan makanan bergizi, Mandi dua kali dalam sehari, Memotong kuku yang panjang, Menyikat gigi dan Pola istirahat yang baik dan benar.

Syukurlah seminar ini diterima dengan baik oleh anak- anak karna 10 perilaku ini mampu disebutkan anak- anak satu per satu.
Bahkan ada 5 orang anak yang maju untuk menyebutkan kembali 10 perilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan yang sudah aku jelaskan.
Tapi sedikit share mengenai pengalaman membawa seminar tadi,
Ini sekaligus pembelajaran pribadi untukku dan sekaligus peringatan bagi kamu yang sering atau akan mebawakan sebuah seminar.
Nasihat adalah nasihat, akan tetapi jangan hanya mampu memberikan nasihat tapi tidak mampu melaksanakannya.
Hal yang sempat memalukan ketika aku menyampaikan pada anak- anak untuk memotong kuku yang sudah panjang tetapi salah seorang anak berteriak dan mengatakan "Kuku kakak aja panjang"
Ya ampun serasa pukulan keras yang mendarat dimukaku ketika aku melihat kuku milikku yang panjang dan diberikan kutek pula -____-
Syukurlah aku bisa memberikan jawaban kepada mereka yang bisa menyelamatkan diriku untuk kali ini.
Aku berjanji tidak akan mengulang hal konyol seperti itu lagi ^^

 Selesailah acara seminar,
Kembali kepada Gembira dan teman- teman satu tim yang memberikan 1 permainan lagi untuk menyegarkan pikiran anak- anak.
Setelah itu acara dilanjutkan pada pemberian hadiah untuk anak- anak yang menang dalam lomba mewarnai.
Ada 13 anak yang aku putuskan untuk menjadi pemenang mewarnai.
Sebenarnya tidak aku saja yang menilai itu karna dibantu dengan pendapat yang aku minta dari bang Edhie dan bang Ricky.
Sengaja aku menjadi juri tanpa mengikutsertakan teman- teman lainnya karna mereka mereka adalah ketua dari tim- tim mereka.
Menghindari terjadinya nepotisme, lebih baik kami yang tidak menjadi ketua tim yang menentukan pemenang- pemenangnya.
Hadiah sudah diberikan kepada semua anak- anak yang menang.
Pemberian hadiah diberikan secara bergantian oleh teman- teman satu tim dan ada juga pemberian hadiah diwakili oleh tim karang taruna.
Kalau terlihat ada ibu-ibu yang menerima hadiah, sebenarnya dia hanya mewakili anaknya yang kebetulan pergi ke kamar mandi pada saat itu.


Selesai bermain, belajar dan pemberian hadiah ....
Hari mulai larut, waktu sudah habis dan acara sudah selesai maka tibalah acara penutup.
Selesai berdoa yang dipimpin oleh Gembira, anak- anak kembali ke posko peristirahatan mereka masing- masing setelah menelah menerima bingkisan hadiah yang kami bagikan.
Ucapan terimakasih yang sebesar- besarnya bagi Karang Taruna yang dengan baik hati menyediakan segala keperluan yang kami butuhkan sehingga kami benar- benar bertugas penuh membuat acara hiburan saja.
Sungguh menyenangkan sekali ^^

Akhirnya setelah itu kami kembali ke posko membawa cerita, kenangan dan kebahagiaan.
Ini adalah kegiatan terakhir kami sebagai sukarelawan dan besok pagi kami akan kembali lagi ke medan.


 Demikianlah artikel blog saya ini. Dan seperti biasa, saya tetap mengucapkan banyak terimakasih untuk kunjungan anda pada blog saya ini.
Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca apabila ada beberapa hal yang harus saya perbaiki dalam penulisan saya ini.
Kritik dan saran anda sangat membantu saya untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi dikemudian hari.
Akhir kata terimakasih kembali dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.
Bye ^^


Laman

 

DUNIA MERAH Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting