Langsung ke konten utama

Kegiatan Relawan Di Hari Keempat ~ "Warna-Warni"

Masih dihari yang sama dan di waktu yang berbeda.
Tetap di hari kamis setelah Happy Morning On The Fourth Day ...
If you've ever read the article ?
Kegiatan ini kami lakukan di posko pengungsian Universitas Kaban Karo.
Terfokus pada kegiatan mewarnai, bermain bersama, penyuluhan dan pemberian bingkisan.

Sesampainya disana,
Yang pertama sekali kami lakukan adalah memencar mencari anak- anak.
Jadi keingat dengan kegiatan kami dalam Kegiatan Relawan Di Hari Kedua yg sibuk memencar mencari anak- anak.



Tidak butuh waktu lama, sekitar 30 menit kemudian kami bisa mengumpulkan anak- anak dengan memanggilnya ke dalam kamar pengungsian mereka.
Tidak hanya disitu, kami bahkan mencari anak-anak tersebut ke setiap sudut yang ada.
Sebenarnya anak-anak disitu jumlahnya sangat banyak,
Hanya saja kami datang bertepatan dengan waktu anak- anak lainnya yang sedang disekolah.
Jadi kami lebih mengutamakan untuk mengumpulkan anak-anak yang tidak bersekolah.
Jumlahnya juga nggak kalah banyak loh,
Padahal masih ada beberapa anak yang tidak mau ikut acara kami ini.
Seberapa yang ada saja sudah lebih dari cukup kok.
Untuk tempat, kebetulan disana ada tenda besar, kami manfaatkan fasilitas yang ada.


Tanpa menunggu waktu lama, kegiatan mewarnai segera dimulai.
Ketika anak- anak sudah berdatangan, kami langsung membagikan anak-anak tersebut dalam bentuk kelompok.
Berhubung pensil warna kami yang sangat terbatas, 
jadi kami membuat cara agar anak- anak tetap bisa mewarnai dengan membuat suatu kelompok sehingga bisa bergantian menggunakan pensil warnanya.
Kemudian kami membagikan sketsa gambar, pensil dan pensil warna. 

 Antusias dari anak- anak yang begitu tinggi membuat kami semakin semangat untuk mendampingi mereka dalam mewarnai.
Walau dengan cat warna yang seadanya, tapi mereka tidak mengeluh banyak.
Bayangkan saja karna keterbatasan cat warna, hampir banyak anak-anak yang mewarnai semua gambarnya dengan satu warna saja.
Dalam satu kelompok ada 8 orang anggota bahkan ada yang lebih.
Bayangkan ketika 12 warna dibagi untuk 8 orang saja.
Bahkan ada kelompok yang memegang 1 pensil warna untuk satu orang.
Tapi ini sudah sangat jauh lebih baik karna kebutuhan lain masih ada yang bisa terpenuhi seperti buku- buku, pena dan pensil.
Andai saja anak- anak ini mendapatkan bantuan kebutuhan belajar lebih banyak lagi, nggak kebayang bagaimana bahagianya mereka.
 
 Kebetulan bintang tidak ikut menjadi pembimbing setiap kelompok.
Tugas itu bintang berikan penuh pada teman- teman yang lainnya untuk mendampingi setiap kelompok mewarnai.
Tugas bintang cukup jadi pembagi pensil saja dan sebagai juri untuk menentukan pemenang mewarnainya.
Jadi biar lebih adil, juri gak boleh ikut mendampingi ya ^_^
Yuk kita kenal- kenalan sama pembimbing kelompok dan anak- anak bimbingannya.


Ini bersama anak- anak bimbingan kak Henny Elita Aritra ..
Gadis cantik yang memakai topi, kacamata dan baju berwarna putih disamping bintang.
Diatas foto ketika mewarnai dan dibawah adalah foto ketika selesai mewarnai.
Hasil yang bagus ^_^ 

 
Kalau ini adalah kak Masvii Dhea bersama anak- anak bimbingannya.
Jumlahnya berkisar 7 orang.
Diatas foto ketika mewarnai dan dibawah ketika anak- anak sudah selesai mewarnai,
Pamer hasil karya yaaaa anak- anak ^_^

 
Ini adalah kelompok yang dibimbing oleh kak Ayu ^_^
Kak ayu ini dari tanah karo juga loh dan keluarga kak Ayu juga ada dalam salah satu posko pengungsian dikabanjahe tersebut.
Jadi Kak Ayu juga tidak begitu sulit untuk berkomunikasi dengan anak- anak disana yang sudah terbiasa berbicara dengan bahasa karo.
Kelompok ini bisa dibilang tergolong ramai dan diisi oleh pria semua ^_^
Walaupun begitu tidak ada keributan diantara mereka loh.

 Ini namanya kelompok campur - campur ... Hahaha
Kelompok ini jumlah anak- anaknya lebih banyak dibandingkan kelompok lainnya.
Gimana nggak banyak kalau anak- anak Kak Gembira, Kak Christin dan Kak Jhonny digabung?
Anak- anak bimbingan ketiga kakak- kakak ini sengaja digabung supaya mensiasati pensil warna yang terbatas.
Bukan hanya anak- anak saja loh, bahkan ada ibu- ibu dalam kelompok ini yang ikut juga mewarnai mendampingi anaknya ^_^


Selanjutnya ada kak Rafika Nadeak (Baju warna putih dan bertopi) bersama anak- anak bimbingannya.
Sama seperti kelompok yang sebelumnya, dalam kelompok ini pun ada ibu- ibu yang turut serta mendampingi anaknya.
Ini adalah foto kan Rafika bersama anak- anak bimbingannya ketika mewarnai dan setelah mewarnai.
Semoga ada yang menang ya dari kelompoknya ^_^ 



Kalau ini kelomponya Kak Martha Lia Shielviena ...
Spesial untuk kelompok ini adalah karna anak- anak binaannya adalah anak- anak yang berumur 7 tahun ke bawah.
Jadi tantangannya sedikit lebih sulit dibandingkan anak- anak lain.
Lihat saja tuh hasil mewarnainya dari foto ke- 2 anak dibawah.
Hahahahaa ^_^

Selanjutnya adalah kelompok yang didampingi oleh kak Ernawati.
Kok jumlah anak bimbingannya sedikit ya ??
Memang terlihat sedikit, tapi aslinya berjumlah 8 orang juga.
Hanya anak bimbingannya ntah terbang kemana saja ^_^
Kasian kak Erna jadi repot mencari anak- anaknya terus.



Say Hello untuk kakak Marlina ya ^_^
Anak asuhannya kecil-kecil semua.
Kalau yang tadi ada bimbing anak-anak yang belum sekolah, kak marlin ini membimbing anak- anak yang belum sekolah juga.
Tapi bisa dibilang rata- rata anak dibawah umur 5 tahun ^_^

 

  Terakhir adalah anak bimbingan kak Rebecca Manao ...
Anaknya nggak begitu jelas yang mana aja nih karna bersebelahan dengan anak-anaknya kak Ernawati ..
Mungkin tidak sengaja dan mungkin saja mereka memang berkolaborasi,
Hahahaha ...




Ini adalah beberapa album akhir dari kegiatan mewarnai tersebut.
Setiap anak sangat bersemangat mendokumentasikan hasil kegiatan mewarnai mereka.
Dan hasil warna mereka itu benar- benar sangat unik dan lucu- lucu.
Memang ada yang sangat bagus, tapi kurang lebihnya memang sangat aneh- aneh.
Tapi dari keanehan tersebut membuat kegiatan mewarnai ini menjadi lebih seru.
Namanya kemampuan setiap rang berbeda- beda.
Ditambah lagi banyak anak-anak yang berlum bersekolah ikut berpartisipasi dalam kegiatan mewarnai ini.
Senangnya melihat mereka bisa selesai mewarnai sketsa gambar tersebut.

Waktunya untuk penjurian akan langsung bintang lihat ketika para tim lainnya membuatkan acara hiburan bersama anak- anak.
Tidak banyak yang mau diambil,
Hanya ada 13 hadiah untuk 13 pemenang utama mewarnai.
Dan isi dari hadiah ini disama ratakan untuk ke-13 pemenangnya.
Memang bukan barang yang mewah, tapi sangat bermanfaat untuk kebutuhan belajar mereka.

Kami sangat bersyukur diikut sertakan dalam kegiatan ini, bahkan diberikan kepercayaan oleh tim karang taruna untuk memulai dan membawa acara ini sesuai dengan kemauan kami.
Walaupun acara ini kami yang membawa, kami sangat senang dengan partisipasi penuh dari tim karang taruna yang begitu baik hati membantu kami membuat acara semakin menarik dengan penyediaan bahan logostik sebagai penarik anak-anak untuk hadir dalam acara tersebut.
Hal ini menjadi pengalaman baru untuk kami semua sebagai mahasiswa.
Dengan adanya kegiatan ini membuat kami merasa semakin bermanfaat menjadi relawan untuk para pengungsi yang ada.
Selain itu, kami bisa menjalin persaudaraan yang baik dengan para pengungsi.
Semoga kedepannya hubungan kami dengan para pengungsi tetap berjalan dengan baik dan tetap bisa saling mengenal.

  
Jadi ...
Demikianlah artikel ini dan tunggu artikel bintang berikutnya untuk menceritakan tentang Kegiatan Relawan Di Hari Keempat ~ "Hiburan Bersama Anak Sinabung"
Ini merupakan lanjutan cerita dari acara mewarnai ini.
Tetap bintang ingatkan kepada para pembaca untuk mengikuti blog ini kemudian jangan lupa meninggalkan kritik dan saran pembaca pada kolom komentar dibawah ini ya ^_^
Terimakasih dan Sampai Jumpa kembali pada artikel berikutnya.



Postingan populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…