Langsung ke konten utama

Manfaat Luar Biasa Dari Terapi Air Putih

Tubuh manusia 75% terdiri dari air. 
Itu berarti air menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh. 
Misalnya saja menurut penelitian, 75% dari otak, 82% dari darah, 75% dari jantung, 86% dari paru-paru dan 86% dari ginjal terdiri dari unsur air. 
Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berakibat buruk pada kinerja organ-organ tubuh.
Cepat lupa, sulit berkonsentrasi dan cepat lelah menjadi bukti nyata kurangnya asupan air dalam tubuh. 
Kalau begitu, tentu sangat penting bagi Anda untuk menyimak uraian berikut agar memahami betapa pentingnya peranan air putih dalam tubuh kita.


Kandungan Air Putih
Air putih adalah cairan utama untuk memenuhi asupan cairan yang sangat dibutuhkan dan cocok untuk tubuh. 
Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan serta menghambat penyakit masuk ke dalam tubuh. 
Sehubungan dengan khasiat air putih untuk menyembuhkan, kami ingin memperkenalkan kepada Anda alternatif pengobatan terapi air putih.
Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai kandungan yang terdapat dalam air putih. 
Menurut Departemen Kesehatan, air putih yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut
  • Tidak berbau.
  • Tidak berwarna.
  • Tidak berasa.
  • Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya.
  • Tidak mengandung logam berat.
Kandungan yang terdapat dalam air putih yaitu unsur H2O. 
Selain itu ada unsur kimia Ferrum, Merkuri, Alumunium.
Untuk menentukan apakah air putih memenuhi syarat untuk dikonsumsi pemerintah menyediakan alat pengukur kemurnian air mineral.
Alat ini dinamakan TDS meter (Total Dissolved Solid Meter), berguna untuk mengukur total zat padat yang terkandung dalam cairan.
Berikut pembagian kategori air menurut total zat yang terkandung di dalamnya, yaitu;
    • >100 ppm: bukan air minum.
    • 10-100 ppm: air minum.
    • 1-10 ppm: air murni.
    • 0 ppm: air organik.
Satuan yang digunakan adalah ppm (part per million) atau bagian per sejuta.

Cara Menerapkan Terapi Air Putih
Untuk memanfaatkan sepenuhnya khasiat air putih ini, berikut kami uraikan bagaimana Anda dapat menerapkan terapi air putih ini.
  • Terapi air putih untuk perawatan kecantikan
    Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih sehari dan tentunya tetap menjaga kebersihan diyakini dapat menambah kecantikan kulit dan wajah. Tindakan ini akan membuat kulit tetap lembab tidak kering.
  • Terapi air putih untuk mengurangi obesitas/diet
    Air putih turut membantu menurunkan berat badan. Setelah bangun sebelum makan Anda dapat meminum air putih hangat. Hal ini dapat membuat anda merasa kenyang. Lagi pula air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak.
  • Terapi air putih untuk kesehatan
    Dengan mengonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari akan membantu tubuh dalam memproduksi darah dan merangsang produksi imun tubuh. Bagaimana itu bisa terjadi? Air minum yang dikonsumsi dapat memurnikan tubuh dan membuat usus besar bekerja lebih efektif. Jika usus bersih, gizi makanan yang kita konsumsi setiap hari akan diserap dan diubah menjadi darah baru.
Dengan menerapkan metode terapi air putih, tubuh akan bekerja maksimal dan sel-sel dalam tubuh tetap dapat beregenerasi dengan baik. 
Namun demikian, meski telah melakukan terapi air ini dengan baik dan teratur, seringkali kita masih mengalami banyak problem penyakit.
Itu semua bisa terjadi karena cuaca, iklim tidak mendukung serta ditambah lagi aktivitas yang berlebih dan beban pikiran. 

Manfaat Air Putih Untuk kesehatan kesuburan, pencernaan, kecantikan, kebugaran


* MANFAAT AIR PUTIH Melancarkan Sistem Pencernaan. Berbagai masalah seputar pencernaan dapat teratasi dengan konsumsi air putih yang cukup.


* MANFAAT AIR PUTIH Memperlambat tumbuhnya zat penyebab kanker dan juga dapat mencegah tumbuhnya penyakit hati dan batu ginjal.

* MANFAAT AIR PUTIH Perawatan Kecantikan. Kekurangan air putih dapat menyebabkan tubuh kesulitan menyerap air yang mengakibatkan kulit kering dan berkerut.

* MANFAAT AIR PUTIH Meningkatkan Kesuburan. Air putih dapat memproduksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. 

*MANFAAT AIR PUTIH  Menguruskan Badan. Kabar gembira untuk Anda para wanita yang tengah menjalani diet, air putih yang tidak mengandung kalori, gula ataupun lemak ini ternyata mampu mengurangi berat badan Anda karena air putih dapat menghilangkan kotoran-kotoran tubuh yang keluar lewat urine.

* MANFAAT AIR PUTIH  dengan konsumsi AIR PUTIH Tubuh Lebih Bugar dan Sehat. Sering mendengar nasehat untuk banyak minum air putih ketika sakit melanda? Hal tersebut memanglah benar. Pasalnya sekitar 80% dari tubuh kita berisi air dan apabila konsumsi air kita tergolong cukup, secara otomatis tubuh pun akan tetap bugar dan sehat.

Kurang Air Putih, Bahaya Bagi Darah
Jika Anda mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. 
Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. 
Di antaranya dari darah. Kekurangan air Putih bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. 
Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.
Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. 
Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. 
Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air Putih terhadap kerja darah dan ginjal. 
Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. 
Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. 
Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. 
Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. 
Karena itu jangan sampai kekurangan air!!!

Air putih menyahatkan jantung dan sebagai obat stroke
Air Putih juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.
Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. 
Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. 
Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.
Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

Efek relaksasi yang bisa di timbulkan oleh air putih
Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. 
Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. 
Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. 
Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. 
Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.
Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. 
Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. 
Nah, jika Anda punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. 
Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. 
Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.
Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. 
Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. 
Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.
Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. 
Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. 
Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. 
Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!
Jika kuliah di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. 
Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. 
Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.
ternyata banyak ya, manfaatnya.
Seperti Motto salah satu minuman prebiotik (tapi versi ini ada revisinya). 
Berapa gelas air putih yang Anda minum hari ini? Saya minum 4/5/6/7/8/9/10. Jawabannya silhkan Anda tentukan…

Demikianlah artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.
Sampai jumpa kembali pada postingan berikutnya.
Terimakasih ^_^

Postingan populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…

BAB V Kesimpulan Dan Saran - Karya Tulis Ilmiah

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1Kesimpulan Dari hasil penelitian hubungan antara pengetahuan dengan sikap remaja tentang Keperawanan di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru, dapat disimpulkan : 5.1.1Dari 86 responden sebagian besar remaja pria mempunyai pengetahuan rendah, yaitu sebanyak 44 orang (51,2%).