Langsung ke konten utama

Waktu Tidak Pernah Mundur, Dokumentasikanlah !!

Waktu adalah emas ...
Itulah kata pepatah untuk orang-orang yang sangat menghargai waktu. Ada banyak cara orang untuk menghargai setiap waktu yang dia lewatkan.
Ada orang yang menghargai setiap waktunya dengan merekam kegiatan-kegiatan yang ingin di jadikan kenangan nantinya. Ada orang yang menghargai setiap waktunya dengan membuat dokumentasi foto untuk segala hal yang menurutnya penting untuk di dokumentasikan. Ada orang yang menghargai setiap waktunya dengan membuat catatan atau diary untuk membantunya mengingat kejadian-kejadian yang sudah lewat.Ada orang yang tidak melakukan apapun untuk menghargai setiap waktu yang dia lewatkan dengan bentuk dokumentasi apapun.
Ya ... Ada banyak cara orang untuk membuat semuanya menjadi indah dan bermakna bagi dirinya sendiri.



 Tak ada bedanya dengan aku sendiri ..
Aku selalu berharap semua kegiatan yang aku lewatkan bisa di dokumentasikan dalam bentuk video, gambar ataupun diary atau apa sajalah ...
Tapi rasanya hal itu belum bisa dicapai karna ada banyak faktor yang tidak mendukung untuk aku mendapatkan itu semua.
Mungkin dengan cara nge-blog bisa menjadi salah satu cara untuk aku bisa menghargai setiap waktu yang aku lewatkan, karna aku tidak punya memori ingatan yang sangat kuat untuk mengenang semuanya.
Tapi mungkin aku bisa mengingatnya kalau itu benar-benar sangat bermakna. Ketika aku mengetik artikel ini, jam menunjukkan jam 3.27
Aku tidak bisa tertidur, aku selalu membayangkan apa yang akan terjadi dengan masa depanku kelak.
Bisakah aku mencapai kesuksesan yang sangat aku dambakan? Kalau aku sudah mendapatkan kesuksesan itu, akankah aku punya banyak dokumentasi untuk aku jadikan cerita bagi keturunanku ? Bisakah aku mendapatkan dokumentasi-dokumentasi yang membuat aku bisa mengulang kembali segala sesuatu yang sudah aku lakukan semasa hidupku ?


Ketika membuka laptop, aku melihat ternyata ada banyak sekali hal-hal yang sudah aku lalui.
Aku sudah melewati bangku TK, SD, SMP, SMA, dan sekarang kuliah yang mudah-mudahan selesai tahun ini.
Aku sudah mendapatkan banyak teman yang semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usiaku. Aku sudah pernah melewati tempat-tempat yang menyenangkan, tempat-tempat yang seru dan tempat-tempat yang tidak semua orang bisa melewatinya. Ternyata aku sudah banyak mendapatkan dan merasakan hal baru dalam hidupku. Sudah berapa tahun? Sudah 20 tahun aku hidup dan sudah banyak yang aku lakukan.
Foto-foto yang aku dokumentasikan ...
Aku pandangi setiap lembar foto-foto itu, ternyata yang terlihat hanya senyuman.Aku  mencoba mencari foto-foto yang aku ambil saat aku sedang sedih dan banyak masalah ..
Sayang sekali aku tidak menemukannya.


Itulah kenyataannya ..
Kita pribadi tidak akan mungkin mendokumentasikan diri kita saat dalam keadaan sedih dan terpuruk, karna hanya orang lain yang memikirkan untuk medokumentasikan kita dalam keadaan seperti itu. Mungkin terkecuali untuk orang-orang yang hidupnya selalu bisa di dokumentasikan oleh orang lain dalam keadaan apapun seperti orang-orang yang mempunyai pengaruh sangat besar untuk banyak orang  sehingga menjadi langganan media massa. Ada banyak diary yang sudah aku tulis dan aku simpan dalam perpustakaan pribadiku. Kalau dibaca setiap diary itu akan ada banyak yang aku temukan cerita-cerita disaat aku merasa sulit dan terpuruk. Hanya saja aku tidak bisa melihat bagaimana keadaan wajah aku setiap menyikapi masalah-masalah itu. Andai aku bisa mendapatkan itu semua, maka mungkin aku akan tau kalau wajahku sangat cantik atau sangat jelek. Tapi gak mungkin aku memiliki niat untuk melakukannya kan? hahaha ...



Jadi sekarang aku hanya berharap bisa menjadi orang yang sukses dan memiliki pengaruh besar untuk orang lain.
Dengan begitu akan ada banyak orang yang berusaha untuk mendokumentasikan aku dalam keadaan apapun.
Maka ketika aku sudah dalam keadaan tidak mampu melakukan apapun dan pada saat aku menanti masa-masa akhir hidupku, aku dapat menikmati hidup dengan mengembalikan memori-memori yang sudah aku lakukan sepanjang hidupku.
Menikmati hidup karna aku bisa menikmati diriku sendiri diriku dalam bentuk-bentuk dokumentasi yang diambil oleh orang-orang yang sangat suka mencampuri kesehariaan orang-orang yang memiliki pengaruh besar di dunia ini. Sekarang apa yang kamu lakukan untuk bisa menghargai setiap waktu yang sudah kamu lewati ? Akankah kamu hanya menjalani semuanya seperti biasa tanpa harus mengenang apapun ?



Ingatlah, pada kenyataannya waktu tidak akan pernah kembali.
Apa yang sudah kamu lakukan beberapa saat yang lalu tidak akan bisa kamu ulangi lagi.
Sama seperti saat kamu mengucapkan sumpah pernikahan pada 12.12.2012 didepan altar, didepan imam dan didepan banyak orang dengan seorang wanita.
Kamu tidak akan bisa mengulang kembali kejadian atau masa saat 12.12.2012 itu hanya untuk mengambil dokumentasinya dan menjadikannya kenangan.
Ingatlah waktu terus berjalan maju dan tidak akan pernah mundur kembali kecuali jika Tuhan berkehendak.
Mulailah pikirkan cara untuk bisa menghargai waktumu, apalagi jaman semakin berkembang dan kamu bisa membuat semuanya menjadi mudah.
Akan ada banyak kejutan ketika kamu bisa mengulang kembali dokumentasi lama yang mampu mengingatkan dan membawa kamu pada memori yang lalu.
Bisa saja ada hal mengejutkan yang tidak kamu duga dalam perjalanan hidup kamu, maka buatlah persiapannya.
Karna akan ada banyak hal yang bisa kamu bagikan pada generasi kamu selanjutnya tentang segala hal yang sudah kamu lakukan sepanjang hidup kamu.
Maka mulailah pikirkan cara agar kamu bisa menghargai setiap waktumu yang sudah kau lalui, itu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bukan?




Fransischa Bintang Theresia Nainggolan

Pos populer dari blog ini

BAB IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Karya Tulis Ilmiah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1Hasil Penelitian 4.1.1. Analisis Univariat 1. Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Remaja Pria Tentang Keperawanan Di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru Tahun 2013
No Pengetahuan Frekuensi Persentase (%) 1. Tinggi 42 48,8 % 2. Rendah 44 51,2 %

BAB II Tinjauan Pustaka - Karya Tulis ilmiah

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1Pengetahuan 2.1.1 Definisi Pengetahuan merupakan penampakan dari hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “what” (Notoatmodjo, 2002).
Menurut Taufik (2007), pengetahuan merupakan pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya).
Pengetahuan adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara haemonik dalam suatu bangunan yang teratur (Ahmadi, 2004). 2.1.2Tingkatan Pengetahuan Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan, yaitu : 1.Tahu (Know) Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya kedalam tingkat pengetahuan ini adalah mengingatkan kembali (recall) terhadap suatu spesifik dari seluruh badan yang dipelajari atau rangsangan yang…

BAB III Metode Penelitian - Karya Tulis Ilmiah

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik yaitu terdiri dari variabel bebas dan terikat, membutuhkan jawaban mengapa dan bagaimana (Hidayat,2007) dan pendekatan cross sectional yaitu penelitian pada beberapa populasi yang diamati pada waktu yang sama (Hidayat,2007) untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja pria tentang keperawanan di SMA Negeri 5 Pekanbaru.