Kamis, 31 Januari 2013

Pentingkah Demonstrasi Itu ???

Haloha para pembaca setia Red Worlder's ...
Senang sekali hari ini bisa mendapatkan sela-sela waktu untuk nge-blog sambil menunggu jam makan siang para pegawai di kantor gubernur berlalu ...
Hari ini aku berniat untuk mengurus surat riset untuk penelitian skripiku dan ketika sampai didepan kantor gubernur ternyata sedang ada demonstran.
Namun para demonstrasi ini tenang dan sama sekali tidak ada membuat keributan bahkan tidak ada sampai menghancurkan apapun, mungkin hanya mengganggu kelancaran arus jalan saja.
Sebenarnya aku tidak tertarik ingin tahu tentang sesuatu yang mereka demo kan, hanya saja aku menjadi terinspirasi untuk menuliskan artikel tentang demo dikarenakan hampir setiap hari selalu saja ada terjadi demo yang terjadi di setiap kota di Indonesia.

Berhubung kantor gubernur bukan tempat yang nyaman untuk aku mengeluarkan aspirasi, maka aku memilih perpustakaan wilayah yang letaknya disebelah kantor gubernur untuk menjadi tempat dimana aku akan membuat artikel.
Seperti biasa, aku mempuyai 5 orang responden yang bersedia untuk aku wawancarai tentang tema yang kali ini akan aku angkat.
Namun sebelum menampilkan pendapat mereka tentang demonstrasi, maka aku akan membuat artikel sedikit mengenai demonstrasi ini.


Unjuk rasa atau demonstrasi ("demo") menurut ensiklopedia bebas adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebuah upaya penekanan secara politik atau kepentingan kelompok.
Unjuk rasa umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah, atau para buruh yang tidak puas dengan perlakuan atasannya. Namun unjuk rasa juga dilakukan oleh kelompok-kelompok lainnya dengan tujuan lainnya. Unjuk rasa kadang dapat menyebabkan kerusakan terhadap benda-benda. D Indonesia, unjuk rasa menjadi hal yang umum sejak jatuhnya rezim kekuasaan Soeharto pada tahun 1998 dan unjuk rasa menjadi simbol kebebasan berekspresi di negara ini.

Jujur saja secara pribadi aku sangat setuju dengan adanya demonstrasi ini, namun kadangkala aku sangat kesal dengan demonstrasi.
Kenapa ??
Karna unjuk rasa atau demonstrasi memiliki aturan dalam undang-undang, memiliki tata cara dan memiliki sanksi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi sangat disayangkan jika para demonstran terutama para mahasiswa tidak mengerti bagaimana cara melakukan demonstrasi yang baik dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan.
Terkadang ada beberapa bahkan banyak jenis unjuk rasa yang sering saya lihat, baca dan dengar dari media massa yang membuat hati kesal dan bahkan tak jarang saya lihat sendiri kejadian para pengunjuk rasa yang mengesalkan hati .
Tindakan-tindakan yang tidak patut untuk ditiru saat melakukan demo adalah merusak bangunan-bangunan umum, merusak fasilitas umum, membakar bahan-bahan tertentu di tengah jalan sehingga menghambat aktivitas para pengguna jalan, melakukan tindakan kekerasan dan bahkan hal yang paling tragis dapat terjadi kematian saat unjuk rasa.
Tentu kita masih ingat tentang kejadian-kejadian dimasa yang lalu dimana ada beberapa orang yang meninggal akibat unjuk rasa yang tidak memiliki pola aturan.
Ironis kejadian-kejadian tersebut membuat saya menilai bahwa sangat kurang tingkat pengetahuan masyarakat luas mengenai sistem demonstrasi yang benar.
Seharusnya para mahasiswa dapat memberikan contoh yang baik dan benar bagaimana cara berunjuk rasa yang benar sehingga masyarakat luas yang ilmu pengetahuannya kurang dapat meniru yang baik dari tindakan para mahasiswa yang sering melakukan unjuk rasa.

Itulah pendapat saya mengenai demonstrasi ini.
Lalu bagaimanakah tanggapan para responden aku mengenai demonstrasi ini, mari kita lihat.

Menurut Irfan Einstein Silalahi, demonstrasi merupakan tindakan protes yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat umum akan ketidak setujuan atau ketidak puasan dari suatu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. 
Ketika ditanya apakah demonstrasi itu penting atau tidak maka Irfan menjawab bahwa penting atau tidak pentingnya demokrasi dilihat dari segi penggunaan dan manfaat kegiatan tersebut. Jika yang terjadi demontrasi pintar yang tujuannya mendukung pemerintahan itu sah-sah saja dan itu PENTING, tetapi apabila kegiatan demontrasi yang dilakukan berbentuk anarkis dan merupakan suatu kegiatan yang dibelakangi oleh kepentingan sekelompok orang yang ingin melengserkan pemerintahan ini adalah dimana demonstrasi yang TIDAK PENTING. 
Kalau berbicara tentang demonstrasi di Indonesia, Irfan berpendapat bahwa untuk rata-rata keseluruhan masih belum dapat dikatakan benar, karena tidak sedikit kegiatan ini yang anarkis bahkan bisa sampai merugikan masyarakat yang tidak tahu apa-apa. mungkin baru-baru ini kita sudah melihat adanya tindakan demonstrasi yang HEROIS di Jakarta, mungkin sebahagian orang menyatakan jika hal yang dilakukan saudara kita tersebut adalah hal yang tidak penting, tetapi menurut saya, tindakan itu dilakukan karena hal yang sangat sangat pantas diancungkan jempol. Hal itu dilakukan karena melihat sesuatu yang tidak pantasnya terjadi di pemerintahan indonesia ini, dimana yang miskin semakin tertindas dan yang kaya semakin berjaya karena adanya politik kotor!!! maka untuk menjadi demontrasi yang benar, mulailah mengkritik dari diri anda sendiri baru mengkritik orang lain. dan jadilah demonstran pintar!!
Kita tau bahwa unjuk rasa ada yang positif dan ada yang negatif, apa bedanya?
Kalau demontrasi negatif dan demonstrasi positif mungkin sudah terjawab di pertanyaan kedua. demontrasi negatif bersifat merugikan masyarakat, demonstrasi positif bersifat menguntungkan masyarakat dan mendukung pemerintahan.
Kenapa harus terjadi demonstrasi?? padahal rakyat kan memiliki wakil rakyat tempat untuk mengajukan aspirasi. Apakah karena wakil rakyat tersebut hanya mempedulikan dirinya padahal harusnya dia adalah wakil dari rakyat? atau apakah karena rakyat tidak hanya diam untuk perjuangan wakil rakyat untuk mereka?
Jadi, kritik dan saran dan saran saya mengenai demonstrasi ini adalah :
Pertama, Agar tidak terjadi demonstrasi yang buruk, maka mulailah berfikir untuk memilih wakil rakyat yang benar-benar dapat menjadi wadah aspirasi, kritik, dan saran. Kedua, demontrasi dengan kepala dingin dan bertujuan untuk mendukung pemerintahan alangkah lebih baik daripada demonstrasi anarkis. Ketiga, apabila jiwa anda adalah jiwa demonstran anarkis, maka lakukan itu terhadap pejabat-pejabat yang koruptor tanpa harus merugikan masyarakat!!
Demikianlah pendapat dari Irfan Einstein Silalahi, adakah yang sependapat?


 
Menurut Sohet Rodrieguez, demonstrasi adalah kebebasan berpendapat atau mengeluarkan segala pendapat untuk kesejahteraan rakyat. Demonstrasi dianggapnya penting karena itu adalah wadah bagi masyarakat untuk mengadu, berpendapat, memberikan saran dan protes. Baginya demonstrasi di Indonesia belum bagus karena masih banyak menggunakan kekerasan.
Kritik dan saran Sohet tentang demonstrasi ini adalah jangan lagi dilakukan demonstrasi dengan kekerasan dan kebrutalan dan lebih baik demonstrasi diakukan oleh orang-orang yang berwawasan luas atau tokoh-tokoh yang mengerti masalah tersebut.


 
Berbeda hal nya dengan tanggapan Jimmy Joise yang sangat singkat. Menurutnya Demonstrasi adalah tuntutan aspirasi. Bagi Jimmy demonstrasi itu penting karna itu adalah suatu bentuk tuntutan keadilan. Kejadian demonstrasi di Indonesia menurut penilaiannya sudah 30% menggunakan cara yang benar dan masih ada 70% menggunakan cara yang salah. Jimmy berharap agar masyarakat Indonesia merubah sistem orasi ke positif dan tidak bersifat anarkis dalam melakukan demonstrasi.


 Menurut Debi Firmansyah, Demonstrasi itu sih sekumpulan orang yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada orang-orang yang diatas.
Menurut Debi demonstrasi itu tidak penting, Tapi kalau gak di demo ya keluhan masyarakat gak di dengarkan.
Melihat demonstrasi yang sering terjadi di Indonesia, Ada yang benar dan ada juga yang gak benar. Contoh yang benarnya melakukan demo sesuai aturan kalau yang gak benarnya sering terjadi adu fisik.
Menurut Debi, Demonstrasi yang positif itu menyampaikan keluhannya dengan baik dan benar tidak mengikuti ego masing-masing. Kalau negatif itu merugikan diri sendiri mau pun orang lain.
Debi menyampaikan Sarannya agar demonstrasi di Indonesia gak terjadi kekerasan dan ikuti aturan yang ada.


Menurut Dimas Makayasa Putra demo itu seperti mengungkapkan yang kita ketahui, memberikan inspirasi ke orang banyak. 
Demo di Indonesia baginya merupakan hal yang bermanfaat asalkan menggunakan cara yang benar karna gak ada demo yang tidak bermanfaat, demo masak sekalipun bermanfaat, hehe (Itu kata Dimas). 
Cara yang benar untuk melakukan demonstrasi yang positif bisa seperti mengundang orang disuatu gedung atau membuat sebuah pertunjukkan, nah disana bisa kita ungkapkan apa yang mau kita sampaikan dan yang terpenting tidak merugikan orang lain. 
Masyarakat sudah salah menilai demo itu seperti apa, yang selama ini orang tahu demo itu seperti menghancurkan dan membakar-bakar, tapi sebenarnya bukan itu demo yang benar, itu semacam menggerakan massa, aksi tapi demo itu sendiri yang tujuan udah disampein ke sasaran belum tujuan kita, nah itulah demo menurut Dimas.
Jadi saran Dimas nih untuk para pendemo di Indonesia sama seperti kebanyakan orang harapkan agar melakukan dengan positif dan bermanfaat, itu saja ...


Cukup 5 saja responden aku dan itulah pendapat-pendapat mereka tentang pertanyaan-pertanyaan yang sudah aku berikan.
Seperti biasa untuk kesimpulannya kembali kepada kamu, seperti apa kesimpulan yang dapat kamu ambil dari artikel ini.
Aku berharap semoga artikel ini memberikan pandangan yang positif untuk kamu sehingga kamu bisa menjadi warga negara Indonesia yang baik dan membanggakan.
Demikianlah para pembaca mengenai artikel hari ini dan semoga memberikan manfaat untuk kita semua.
Terimakasih kepada para pembaca dan responden artikel hari ini, dan ingat supaya tetap kembali mengunjungi blog ini, sampai jumpa.


Fransischa Bintang Theresia Nainggolan

Laman

 

DUNIA MERAH Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting